Hak Mengemudi Buat Wanita Saudi

diizinkan mengemudi. (Foto: TME)

 

“Media dunia dipenuhi dengan kegembiraan menyusul kabar bahwa wanita di Arab Saudi telah diberi hak untuk mengemudi, sebuah langkah yang mungkin juga diterima dengan hangat di dalam negeri,” tulis Pat Lancaster.

Kerajaan Arab Saudi adalah satu-satunya negara di dunia yang melarang perempuan mengemudi di jalan dan jalan raya.

Mengangkat larangan mengemudi adalah perubahan paling signifikan yang terjadi pada tatanan sosial yang konservatif di Arab Saudi, yang secara ketat membatasi peran wanita, terutama dalam kehidupan publik.

Langkah tersebut telah diantisipasi secara luas di tengah transformasi banyak aspek masyarakat Saudi yang telah dicap oleh seorang menteri senior sebagai “revolusi budaya yang menyamar sebagai reformasi ekonomi”.

Beberapa bulan terakhir, terlihat ada pertunjukan konser langsung di Riyadh meski hanya untuk pengunjung pria saja, sementara pasukan polisi syariah yang pernah ada di mana-mana telah dibatasi.

Kampanye isu perizinan pengemudi wanita dimulai di Arab Saudi sekitar 10 tahun yang lalu, kemudian mencapai puncaknya pada tahun 2013, ketika beberapa wanita duduk di belakang kemudi berada di jalan-jalan negara tersebut, yang kemudian ditangkap sebentar oleh polisi.

Sebuah komite yang dibentuk oleh pejabat senior kini diberi waktu 30 hari untuk mempelajari bagaimana menerapkan langkah tersebut.

Pangeran Putra Mahkota Arab Saudi yang baru, Mohammed bin Salman, menganggap, membiarkan perempuan mengemudi sebagai papan utama reformasi, dengan menegaskan bahwa langkah tersebut akan menyebabkan partisipasi perempuan yang lebih tinggi dalam angkatan kerja dan perincian peran gender lama yang ketinggalan zaman.

Baca Juga:  Renungan Hardiknas 2024: Pendidikan Bermutu untuk Memperkuat Daya Saing Bangsa

Pencabutan larangan mengemudi terhadap perempuan telah menimbulkan harapan tinggi bahwa undang-undang perwalian yang ketat, yang dianggap membatasi kebebasan berekspresi dan gerakan perempuan, sekarang juga dapat ditinjau ulang.

Perubahan, meskipun lamban, telah ada di kartu untuk beberapa waktu. Pada tahun 2013, raja yang berkuasa saat itu, Raja Abdullah, menunjuk 30 wanita ke Dewan Shura, badan penasihat tertinggi.

Dua tahun kemudian perempuan diizinkan untuk memilih dan mencalonkan diri dalam pemilihan dewan kota, untuk pertama kalinya dalam sejarah negara itu. Pada bulan Mei, Raja Salman sebagai pengganti Raja Abdullah, memerintahkan agar dinas pemerintah menerbitkan daftar layanan yang dapat diakses wanita tanpa kehadiran wali laki-laki, dan memerintahkan agar pengusaha menyediakan transportasi bagi perempuan.

Sisi Ekonomi

Wanita Arab Saudi mengeluarkan biaya lebih besar untuk dibandingkan kaum pria. (Foto: Arab News)

Menurut Kementerian Pendidikan Saudi, wanita yang kuliah di negara itu membayar harga lebih tinggi daripada pria. Namun, masih sulit bagi perempuan untuk sukses, sebagian karena penghalang yang ditempatkan oleh sistem Saudi.

Namun imbas dari pencabutan larangan mengemudi, ratusan ribu sopir keluarga pria yang kebanyakan dari Asia Selatan dan Filipina, berisiko kehilangan pekerjaan mereka.

Baca Juga:  Ini Untungnya Menjadi BMT yang Besar

Sekitar 10 juta wanita berusia di atas 20 tahun, termasuk orang asing, tinggal di Arab Saudi. Hampir 1,4 juta orang asing bekerja sebagai sopir rumah tangga, berpenghasilan sekitar US$ 500 per bulan selain diberi akomodasi dan makanan.

Pendapatan keluarga cenderung akan meningkat saat mereka memberhentikan sopir. Kantor berita ekonomi Saudi Maaal memperkirakan, pengemudi saat ini secara kolektif menghasilkan sekitar US$ 8,8 miliar per tahun.

“Penghapusan kebutuhan untuk pengemudi keluarga – bahkan ketika wanita tidak bekerja – akan membantu meningkatkan pendapatan riil bagi keluarga berpenghasilan menengah dan bawah,” kata Monica Malik, Kepala Ekonom di Bank Umum Abu Dhabi.

Pengemudi asing telah mengirimkan sebagian besar uang penghasilan mereka ke negara asalnya. Kepergian mereka dari Saudi akan mengurangi arus keluar itu, membuat lebih banyak cadangan asing tersedia untuk mempertahankan mata uang Saudi dari tekanan yang disebabkan oleh rendahnya harga minyak.

Namun, konsultasi energi FGE memperkirakan, aktivitas mengemudi di Saudi akan meningkat sekitar 10 persen karena perempuan akan menambahkan 60.000 barel per hari untuk permintaan bensin dalam negeri. Meskipun merupakan eksportir minyak mentah terbesar di dunia, Arab Saudi adalah importir bensin bersih.

Malik mengatakan bahwa ada dorongan jangka pendek dan satu kali untuk penjualan mobil Saudi dalam beberapa bulan mendatang, karena wanita akan membeli kendaraan sebelum pengenaan pajak pertambahan nilai yang dijadwalkan pada bulan Januari 2018.

Namun dalam banyak kasus, wanita tidak perlu membeli mobil karena mereka bisa menggunakan kendaraan yang dilepas oleh sopir yang diberhentikan.

Baca Juga:  Ini Untungnya Menjadi BMT yang Besar

Ada sejumlah alasan mengapa keputusan ini diambil sekarang setelah bertahun-tahun mengajukan petisi tanpa hasil oleh berbagai kelompok perempuan.

Reformasi yang diluncurkan oleh Putra Mahkota tahun lalu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja dari 22% menjadi 30%. Harapan tingginya yaitu membebaskan wanita untuk mengemudi yang akhirnya dapat meningkatkan tekanan untuk menghilangkan hambatan lain pada pekerjaan mereka, seperti sistem perwalian laki-laki.

Menurut agen ketenagakerjaan Glowork, ada sekitar 400.000 – 450.000 lapangan kerja yang terbuka bagi perempuan di industri ritel, tapi banyak yang tidak mampu mempekerjakan pengemudi untuk membawa mereka bekerja.

“Undang-undang ini akan membantu dalam mobilitas ratusan ribu perempuan. Hambatan utama yang kita hadapi adalah transportasi,” kata Khalid Alkhudair, kepala eksekutif Glowork.

Angkutan umum tidak berkembang di banyak wilayah Arab Saudi, sementara pemerintah telah berusaha untuk mengubah ini dengan membangun sistem kereta api metro di kota-kota besar seperti Riyadh, tapi banyak wanita enggan bepergian sendiri ke depan umum.

Salah satu manfaat terbesar dari pengumuman tersebut adalah untuk memperkuat kepercayaan investor asing dan lokal bahwa Pangeran Mohammed bersedia dan mampu mendorong reformasi ekonomi yang luas.

Dalam beberapa bulan terakhir, kelemahan ekonomi telah mendorong pemerintah untuk menunda atau bahkan membalikkan beberapa reformasi.

“Tekad untuk melakukan reformasi jelas, karena Arab Saudi baru dibangun tepat di depan mata kita,” kata John Sfakianakis, Direktur Pusat Penelitian Teluk yang berbasis di Riyadh. (A/RI-1/RS2)

Sumber: The Middle East Magazine

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.