Hamas Kecam Usaha Ajukan Resolusi PBB Kutuk Serangan Roket ke Israel

Gaza, MINA – Pemimpin Ismail Haniyah mengecam rencana sejumlah negara anggota PBB  dipimpin Amerika Serikat (AS) untuk mengajukan resolusi mengutuk serangan roket Gaza ke wilayah Israel awal bulan ini.

Haniyah mengirim sebuah surat terbuka kepada Presiden Maria Fernanda Espinosa dan ke negara-negara anggotanya Rabu (28/11) malam yang mengecam langkah itu, demikian Times of Israel melaporkan yang dikutip MINA.

Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon mengatakan sehari sebelumnya, Washington sedang melobi negara-negara Eropa di PBB untuk memenangkan dukungan terhadap resolusi yang mengecam perlawanan Palestina di Gaza.

Majelis Umum diperkirakan akan mengadakan pemungutan suara pada Jumat (30/11) atau Senin (3/12) tentang resolusi yang diusulkan, yang mengutuk tembakan roket dari Gaza pada warga sipil Israel, termasuk menuntut Hamas mengakhiri penggunaan kekerasan.

Dalam suratnya, Haniyah menuding AS mengadopsi narasi Israel dan mendukung pendudukannya untuk melanjutkan agresinya terhadap rakyat Palestina.

Ia mengklaim bahwa hukum kemanusiaan internasional melegitimasi perjuangan Palestina, karena melarang penargetan yang disengaja terhadap penduduk sipil di semua jenis perang. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.