Hamas Serukan Mobilisasi Jamaah Muslim Bela Al-Aqsa

Kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Al-Quds (Yerusalem), Palestina.(Foto: Dok. MINA)

Al-Quds, MINA – Gerakan perlawanan , , menyerukan kepada jamaah Muslim di kota Al-Quds dan wilayah Palestina lainnya, untuk mobilisasi kehadiran dan itikaf di Masjid Al-Aqsa mulai dari shalat Jumat hari ini (19/4) hingga Senin depan (22/4).

Gerakan tersebut sebagai upaya untuk mempertahankan Al-Aqsa dan menggagalkan rencana Menteri Keamanan Nasional ekstremis Israel, Itamar Ben-Gvir untuk mengubah status quo historis di kompleks Masjid Al-Aqsa, Al-Quds (Yerusalem Timur) yang diduduki.

“Kami mengajak massa rakyat Palestina kami di seluruh Tepi Barat, Al-Quds, dan wilayah pedalaman yang diduduki untuk memobilisasi, bergerak, dan menuju Masjid Al-Aqsa yang diberkahi untuk berjaga dan itikaf mulai hari ini dari Sholat Jumat hingga Senin depan,” tulis pernyataan resmi Hamas yang diterima MINA, Jumat (19/4).

Hamas menyatakan, aksi bela Masjid Al-Aqsa ini untuk melindungi dan mempertahankan situs tersuci ketiga bagi umat Islam, serta menggagalkan rencana musuh zionis dan pemukim ekstremis Yahudi, “Kelompok Sinagog”, yang berencana untuk menodai halaman Al-Aqsa dan melakukan ritual pengorbanan di dalamnya pada hari Ahad dan Senin mendatang.

“Kami memuji massa rakyat kami di Tepi Barat dan wilayah pedalaman yang diduduki, dan mereka yang ditempatkan di Al-Quds dan sekitarnya, yang telah terbukti menjadi garis pertahanan pertama bagi kiblat pertama umat Islam dan situs tersuci ketiga dalam Islam,” lanjut pernyataan Hamas.

Gerakan tersebut memuji pengorbanan dan perjuangan rakyat Palestina untuk menghadapi dengan sekuat tenaga upaya otoritas pendudukan yang fasis dan penjahat perangnya, seperti yang disebut “Ben -Gvir,” untuk merusak kesucian Masjid Al-Aqsa.

“Kami memberkahi perjuangan dan pengorbanan mereka serta menguatkan tangan mereka untuk terus mempertahankan dan melindungi Al-Quds dan Al-Aqsa,” tegas Hamas.

Hamas juga menyerukan masyarakat dunia untuk mendukung perjuangan sah rakyat Palestona, hingga agresi berhenti, hak-hak sah mereka diperoleh kembali, dan tanah serta tempat-tempat suci dibebaskan.

“Kami menyerukan kepada negara kami dan masyarakat bebas di seluruh dunia untuk mengaktifkan segala bentuk solidaritas dan dukungan untuk Al-Quds, Al-Aqsa, dan Gaza,” pungkas Hamas. (R/R1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.