Hamas Tolak Tuduhan Serang Kantor TV Palestina di Gaza

Gaza, MINA – Kantor resmi stasiun di Gaza diserang dan digeledah pada Jumat (4/1), menambah ketegangan antara Otoritas Palestina dan gerakan Islam Hamas yang memerintah wilayah tersebut.

Rafat Al-Qidra, direktur kantor berita itu, mengatakan lima pria mendobrak masuk pada Jumat pagi dan menghancurkan kamera dan peralatan untuk penyuntingan dan penyiaran bernilai hampir US$150.000.

“Siapa pun yang memerintah di Gaza harus memberi perlindungan kepada semua orang di sini,” kata Qidra seperti dilansir Ahram Online yang dikutip MINA, Sabtu.

Stasiun itu menyiarkan materi yang mendukung Otoritas Presiden Mahmoud Abbas, yang basis kekuasaannya terletak di Tepi Barat. Pejabat stasiun segera menyalahkan Hamas atas serangan itu.

“Hamas sangat terlibat dalam konspirasi ini,” kata Ahmed Assaf, pemimpin Perusahaan Penyiaran Palestina (PBC), berbicara kepada saluran di kota Ramallah, Tepi Barat.

PBC mengeluarkan pernyataan yang mengatakan serangan itu adalah “refleksi yang jelas dari mentalitas gerakan Hamas dan kelompok yang hanya percaya pada suara mereka, dan yang berusaha untuk menekan kebebasan”.

Baik Assaf maupun PBC tidak memberikan bukti atas tuduhan mereka, dan para pejabat Hamas dengan cepat mengutuk insiden itu.

“Apa yang terjadi ditolak, dan kami mengutuknya,” Eyad Al-Bozom mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri yang dikelola Hamas di Gaza. Dia mendesak pejabat stasiun untuk bekerja sama dengan simpatisan.

Kedua rival telah gagal mengakhiri perselisihan sejak 2007.

Stasiun TV itu dapat melanjutkan siaran dari Gaza di kemudian hari. Seranga itu secara luas dikutuk oleh faksi-faksi politik Palestina lainnya dan oleh para jurnalis. (T/R11/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.