Hampir 1.500 Warga Palestina Melintasi Rafah Setelah Hari Kedua Dibuka

Perbatasan -. (Foto: PIC)

, 12 Sya’ban 1438/ 9 Mei 2017 (MINA) – Hampir 1.500 orang Palestina berhasil memasuki melalui pada hari kedua, setelah pihak berwenang Mesir membuka perbatasan itu pada Senin (8/5) untuk empat hari.

Dalam sebuah pernyataannya, Komite perbatasan dan penyeberangan Kementerian Dalam Negeri Gaza mengatakan, bahwa 1.458 warga Palestina melintasi Jalur Gaza melalui persimpangan Rafah pada Ahad (7/4), termasuk pasien dan enam ambulan, demikian Ma’an News melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pernyataan itu menambahkan, beberapa truk yang membawa bahan bangunan juga diperbolehkan melewati persimpangan.

Sebelumnya, lebih dari 800 warga Palestina melakukan perjalanan menuju penyeberangan pada Sabtu.

Baca Juga:  Abaikan Blinken, Hamas Pelajari Proposal Gencatan Senjata Israel

Pemerintah Mesir mengumumkan keputusan itu untuk membuka persimpangan pada Kamis, dengan mengatakan bahwa perintah tersebut atas permintaan Presiden Palestina Mahmoud Abbas kepada Presiden Mesir Abd Al-Fattah Al-Sisi.

Awalnya direncanakan untuk menghadiri pembukaan tiga hari dimulai Sabtu, Ahad, dan Senin, pihak berwenang Mesir kemudian mengumumkan bahwa pembukaan tersebut diperpanjang dan Palestina juga diizinkan memasuki Gaza dari Mesir pada hari Selasa.

Mesir telah menguatkan blokade militer di Jalur Gaza sejak penggulingan mantan Presiden Muhammad Morsi pada tahun 2013 dan bangkitnya kekuasaan Al-Sisi di Mesir.

Sementara perbatasan Mesir tetap menjadi jalur utama bagi warga Gaza ke dunia luar, pihak berwenang Mesir secara bertahap menutup gerakan melalui perbatasan sejak Morsi digulingkan oleh tentara Mesir.

Baca Juga:  Gaza Bantah AS dan Israel tentang Peningkatan Bantuan Kemanusiaan

Karena hambatan pada gerakan Palestina melalui persimpangan, banyak warga Gaza dilarang meninggalkan atau memasuki daerah kantong pantai yang terkepung, setelah berbulan-bulan, karena persimpangan hanya dibuka secara berkala oleh pihak berwenang Mesir, membuat warga Palestina menunggu di kedua sisi untuk penyebrangan selama penutupan.(T/R10/B05)

Mi’raj Islamc News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.