Harga Kopi Naik, Petani Diminta Tetap Jaga Kualitas

Kopi Temanggung Jawa Tengah, memiliki kualitas baik (Foto: File/ Zaenal MINA)

, MINA – Panen tahun ini menjadi yang terbaik bagi petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, kopi dengan kualitas petik merah mencapai harganya mencapai Rp55.000 per kilogram.

Bupati Temanggung, M Al Khadziq berharap momentum kenaikan harga kopi tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para petani.

“Surplus keuangan dari hasil kopi bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas kopi, baik di bidang budidaya maupun pengolahan hasil,” katanya, Jumat (28/7) di Temanggung.

Al Khadziq meminta perani kopi untuk tetap menjaga kualitas kopi di saat harga komoditas ini tengah membaik.

“Petani jangan mencampur kopi asli Temanggung dengan kopi dari daerah lain sehingga kualitas kopi Temanggung bisa tetap terjaga,” katanya.

Baca Juga:  Cuaca Panas, Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Menurutnya, kopi Temanggung baik arabika maupun robusta dikenal mempunyai kualitas baik, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda dengan kopi daerah lain.

Kopi Temanggung sudah beberapa kali menjuarai kontes kopi di tingkat nasional maupun internasional sehingga banyak penikmat dan pengusaha kopi yang melirik kopi asli Temanggung.

“Petani harus konsisten dalam pengolahan pasca-panen sehingga kopi Temanggung tetap mempunyai kualitas terbaik,” katanya.

Perlu diketahui, kopi Temanggung mempunyai cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan kopi dari daerah lain.

Jika kopi Temanggung dicampur dengan kopi dari daerah lain bisa dipastikan akan ketahuan, karena para penikmat kopi sudah paham dengan karakter kopi Temanggung.

Seorang petani Abdullah menuturkan, harga kopi di Temanggung tahun ini naik sekitar 40 persen dari harga tahun lalu.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah: Jangan Bosan Dukung Kemerdekaan Palestina

“Kopi dengan kualitas terbaik dengan proses petik merah saat ini bisa terjual di atas Rp53 ribu per kilogram, sebelumnya dengan kualitas yang sama hanya laku Rp30an ribu,” katanya. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.