Hari Kelima Tim UAR  Ikut Pencarian Korban Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air

Jakarta, MINA – Korlap Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Korwil Jabotabek Banten Akhirul Soleh mengatakan, hari kelima pencarian dan pertolongan pada korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, terhambat pukul 19.00, karena kondisi cuaca, tinggi ombak mencapai 1 m sampai dengan 1,5  m.

“Rabu (13/1) pukul 06.00 pagi seluruh potensi SAR sudah diberangkatkan ke lokasi titik jatuhnya pesawat,” kata Soleh kepada MINA di Posko Induk BASARNAS JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kekuatan personil ada 11 personil dari Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Korwil Jabodetabek Banten dan unsur-unsur lain sekitar 3.600 relawan.

Soleh mengatakan, sebagian anggota tim UAR pada hari ini juga di lakukan Tes Rapid Anti Gen, yaitu Wali, Pak Ali, Danang, Zaky dan Ridwan. Semua hasilnya “NEGATIF”  dan siap untuk ikut dengan kapal Basarnas guna bertolak ke lokasi jatuhnya SJ-182.

Ia mengatakan juga, awak media (wartawan) boleh mengikuti pencarian dan pertolongan di atas kapal Basarnas apabila sudah mengikuti rapid test antigen dan hasilnya dinyatakan “NEGATIF”.

Tim stand by untuk mencover kedatangan tim SAR gabungan yang telah lama berada di laut.

Tim SAR hari Rabu ini menemukan dua kantong body part manusia, lima kantong serpihan kecil pesawat, dua potongan besar bagian pesawat. Sehingga total pencarian hingga hari ini sebagai berikut: 141 Kantong Body Part Manusia, 31 Kantong Serpihan Pesawat dan 28 Potongan besar pesawat.

Tim SAR gabungan berjumlah 4.132 orang terdiri dari 795 Basarnas dan 3.337 potensi SAR, Kekuatan Alut: 54 Kapal, 18 RIB (Speed Boatd), 13 pesawat dan 30 Ambulance.

Rencana operasi SAR hari keenam, Kamis 14 Januari 2021, sebagai berikut: Area pencarian terdiri dari: Udara 3 sektor; Permukaan air 6 sektor;  bawah permukaan 4 sektor.

a. SRU udara melaksanakan pencarian sesuai search area yang sudah ditentukan. b. SRU laut melaksanakan pencarian di atas permukaan air sesuai search area yang sudah ditentukan. c. SRU laut melaksanakan pencarian di bawah permukaan air menggunakan Side Scan Sonar, MBES , Ping Locator dan ROV. d. Penyelaman dilakukan di sekitar area penemuan Body Part, FDR, dan serpihan pesawat (Debris). (L/R8/P1)

Miraj News Agency (MINA)