Hasil Riset Siswa MAN IC Tanah Laut Terbit di Jurnal Internasional

Pelaihari, Kalimantan Selatan, MINA- Tulisan hasil penelitian dua Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Tanah Laut diterbitkan di IOP Conference Series: Earth and Enviromental Science, vol 572, 2020.

Tulisan dengan judul “Socio-Economic Analysis of Traditional Diamond Mining Community in Banjar Baru City, South Kalimantan.” Demikian keterangan yang diterima MINA Senin, (13/10).

Karya Nisrina Akmiyati dan Rizki Munawaroh Damoiko tentang pertambangan intan tradisional di Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka itu berhasil tembus di jurnal internasional ber-indeks Scopus.

Riset tersebut diawali dari rasa ingin tahu tentang pengelolaan tambang tradisional di daerahnya yang melegenda.

Kepala Madrasah Hilal Najmi mengatakan, siswa madrasah tidak selalu identik dengan hal yang sifatnya agama, mereka juga mampu bersaing dan membuktikan karya mereka didunia internasional. Bermanfaat bagi bangsa, harapan masa depan generasi emas Indonesia.

Kompetisi riset tersebut diikuti para siswa madrasah dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada simposium internasional (HSS) tahunan di Bogor tahun 2019 yang dihadiri para pakar, peneliti luar dan dalam negeri, kedua siswa yakni  Nisrina dan Damoiko diundang mempresentasikan risetnya.

Kemudian, keduanya dimentori tiga peneliti LIPI: Aliyansah Abdurrahim,  MDH Rahiem, dan Munash Ramli. Nisrina dan Damoiko sukses mempresentasikan hasil penelitian mereka.

Penelitian tersebut diajukan untuk masuk dalam jurnal internasional ter-indeks Scopus.  Pada Oktober 2020, Nisrina dan Daoiko mendapat pemberitahuan karya mereka berdua dinilai layak dan telah terbit di jurnal internasional.

“Kami sangat bersyukur atas sebuah pencapaian baru yang tidak pernah kami kira akan kami dapatkan sebelum memulai penelitian. Kami menyampaikan rasa syukur dan bahagia. Selain berkat kerja keras, capaian ini tidak terlepas dari dukungan orang tua, pembimbing, seluruh warga madrasah, mentor dan juri MYRES 2020,” kata Nisrina.

Tulisan Nisrina dan Damoiko dapat diakses melalui tautan: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/572/1/012046. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)