Haul Bapak Bangsa Azerbaijan ke-16, Dubes Mirzayev Kunjungi Panti Asuhan di Jakarta

Jakarta, MINA – Rombongan Kedutaan Besar (Kedubes) Republik untuk Indonesia dipimpin Duta Besar (Dubes) Yang Mulia Jalal Mirzayev mengadakan kunjungan sosial ke Putra Setia, Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, pada Ahad (8/12).

Acara tersebut digelar dalam rangka Memperingati Hari Wafatnya (Haul) Bapak Bangsa Azerbaijan Modern yang juga sebagai Bapak Pembangunan Nasional Azerbaijan, Mr. Heydar Aliyev yang ke-16.

Dubes Mirzayev didampingi Mr. Emil Ahmadov, Sekretaris II; Mr. Intigam Huseynov, Sekretaris III Kedubes Republik Azerbaijan untuk Indonesia; dan Ms. Nia S. Amira (Konsultan Media dan Manajemen Kajian Negara-Negara Islam khususnya negara bekas Uni Soviet dan Yugoslavia), disambut dengan gembira oleh 42 piatu berumur lima sampai 20 tahun dan 35 lansia yang antusias berkumpul bersama di aula panti asuhan khusus putri tersebut.

“Pertemuan ini bertepatan dengan Hari Wafatnya Bapak Bangsa Azerbaijan pada 9 Desember 2003 lalu. Kita semua memperingati hari wafatnya Bapak Heydar Aliyev, yang terus menginspirasi kita sampai sekarang, semoga generasi penerus bangsa Azerbaijan dapat terus mengikuti jejaknya dalam membangun negeri,” kata Mirzayev saat menyampaikan sambutan.

Bapak Bangsa atau Founding Father Negara Republik Azerbaijan, Heydar Aliyev, merupakan Presiden Azerbaijan (1993-2003).

Dubes Mirzayev menyatakan, kegiatan ini kali pertama dilaksanakan di panti asuhan tersebut juga untuk mengenang jasa negarawan dan bapak pendiri Negara Republik Azerbaijan yang telah mengubah Azerbaijan semakin maju dan moderen.

“Beliaulah pemimpin bangsa yang membangun bangsa modern Azerbaijan. Beliau juga merupakan teman baik bagi anak-anak, juga berteman baik dengan para lansia. Di Azerbaijan juga ada lembaga-lembaga sosial seperti ini di bawah naungan Yayasan Heydar Aliyev,” ujarnya.

Duta Besar Mirzayev menyatakan berkomitmen untuk menyalurkan bantuan yang dibutuhkan panti tersebut. “Saya sebagai Duta Besar Azerbaijan bersama staf-staf saya akan sering berkunjung ke sini (panti asuhan). Selanjutnya saya juga akan kembali berkunjung ke sini bersama keluarga saya,” tambahnya.

Panti Asuhan Putra Setia adalah salah satu Panti Sosial yang berada dalam binaan Yayasan Rukun Istri Sejahtera yang berdiri sejak 1931 lalu. Dimana salah satu pendirinya ialah Maria Ulfah Subadio Sastrosatomo, salah satu tokoh perempuan Indonesia.

Kepala Panti Asuhan Putra Setia, Sumiyati (72), bersyukur dan merasakan kebahagiaannya atas kunjungan Duta Besar Mirzayev bersama rombongan .

“Alhamdulillah, kami sangat bersykur dan sangat berterima kasih dengan kebaikan yang diberikan oleh Dubes Mirzayev bersama rombongan kedutaan (Azerbaijan) yang pada hari ini datang ke tempat kita dan bertemu dengan anak-anak untuk berbagi,” kata Sumiyati yang sudah mengabdi di panti asuhan selama 12 tahun lebih.

Dia menjelaskan, saat ini panti asuhan memiliki anak asuh berjumlah 42 anak perempuan terdiri dari anak yatim piatu dan kurang mampu dari jenjang TK sampai Akademi. Anak asuhnya pun berasal dari berbagai daerah diantaranya Lampung dan Karawang.

Para anak asuh pun merasa senang atas kehadiran Duta Besar Azerbaijan beserta rombongan. “Senang banget bisa bertemu dengan Dubes Azerbaijan. Bangga juga karena pertama kali (panti asuhan) bisa dikunjungi bapak dubes,” kata Titin Rahmawati (18) anak asuh asal Cianjur.

Kegiatan puncak dilakukan dengan melakukan doa, makan siang bersama anak-anak asuh dan para lansia serta pemberian goodiebag untuk ke-42 anak asuh yang disambut suka cita. Acara diakhiri dengan foto bersama.(L/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.