Hilangkan Trauma Anak, WMI Gelar Trauma Healing di Desa Cilleuksa

Bogor, MINA – Lembaga Sosial Kemanusiaan Wahana Muda Indonesia (WMI) menggelar Program (Psychological First Aid) di Desa Cileuksa, kabupaten Bogor,  Jawa Barat, desa terdampak bencana banjir bandang & longsor awal Januari 2020.

Direktur WMI CARE M. Zainul mengatakan, program Trauma Healing digelar dalam rangka menghilangkan perasaan trauma, takut dan rasa jemu pada anak-anak yang merupakan salah satu kelompok penyitas paling rentan dari dampak bencana.

“Cileuksa merupakan salah satu desa yang terdampak longsor parah dan sempat terisolasi, karena akses jalan ke desa itu putus akibat material longsor, oleh kare

peristiwa itu sangat berdampak pada psychologi kepada anak-anak” kata Zainul di Base Ops WMI Jasinga, Bogor, Ahad (19/1).

“Program Trauma Healing ini kita laksanakan minimal untuk menghibur dan menghilangkan trauma pada anak-anak, sehingga peristiwa ini telah menghilangkan keceriaan dan aktifitas mereka sebelumnya” kata Zainul.

Kegiatan trauma healing di gelar WMI diikuti lebih kurang 70 anak, diisi dengan fun game, bernyanyi dan olahraga dengan para mentor yang terdiri atas Relawan WMI dan komunitas atau lembaga Mitra WMI yang tergabung dalam Jaringan Relawan Muda Indonesia (JRMI).

Selain di Cileuksa, WMI juga telah menggelar kegiatan serupa di kecamatan Jasinga dan di Desa Sajira, Lebak, Banten sekaligus memberikan donasi berupa perlengkapan sekolah (School Kit) kepada anak-anak penyitas korban banjir dan longsor.

WMI masih akan terus membuka pos kemanusian hingga masa tanggap darurat bencana selesai, dan selanjutnya WMI akan melihat perkembangan pada masa transisi tanggap darurat dan masa recovery pasca bencana. (R/R4/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.