Houthi Yaman Kembali Serang Bandara Najran Saudi

Tentara Houthi di Sanaa, ibu kota Yaman. (Foto: Hani Mohammed/AP)

Sanaa, MINA – Pemberontak Houthi Yaman mengatakan, mereka kembali menargetkan serangan pada  bandara di kota Najran, Arab Saudi, upaya ketiga dalam sepekan yang dilakukan kepada kota perbatasan tersebut.

Al Masirah TV yang dikendalikan Houthi melaporkan, serangan drone pada Kamis (24/5) dilakukan di saat kelompok itu mengatakan, mereka akan meningkatkan ofensifnya terhadap sasaran di Saudi.

Koalisi Arab pimpinan Saudi yang memerangi kelompok bersenjata itu mengatakan, pesawat tak berawak berhasil dicegat oleh pertahanan udara Kerajaan.

“Sebuah drone bermuatan peledak yang diluncurkan oleh teroris Houthi untuk menargetkan bandara Najran – yang digunakan oleh ribuan warga sipil setiap hari – dicegat dan dihancurkan oleh Angkatan Udara Saudi,” kata juru bicara Koalisi, Kolonel Turki Al-Maliki yang dikutip oleh SPA, demikian Al Jazeera melaporkan.

Al Masirah TV melaporkan, serangan itu menargetkan sistem pertahanan udara rudal Patriot Saudi.

Menurut TV tersebut, sebuah pesawat tak berawak yang dikirim pada Selasa (21/5) mengenai gudang senjata di bandara yang sama dan memicu kebakaran.

Serangan terhadap Saudi sebagian besar telah mereda sejak akhir tahun lalu di tengah upaya perdamaian yang dipimpin PBB.

Konflik yang dimulai pada akhir 2014 itu telah menewaskan puluhan ribu orang, banyak dari mereka warga sipil. Sementara sekitar 24,1 juta warga Yaman – lebih dari dua pertiga populasi – membutuhkan bantuan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)