IDRI Banten Fasilitasi 132 Dosen dari 35 PT Laksanakan PKM Kolaboratif Nasional Batch II

, MINA – Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Banten  memfasilitasi 132 dosen dari 35 Perguruan Tinggi melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaborasi Nasional Batch II, Ahad (22/5).

Dosen-dosen yang berasal dari 35 perguruan tinggi se-Banten dan Jakarta, Tangerang, Bogor dan Bekasi (Jabodetabek) selama melaksanakan salah satu tugas tri darma perguruan tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, ujar Ketua PAnitia, Didi Wandi kepada MINA, Kamis (26/5).

Didi Wandi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan PKM merupakan bagian dari tanggungjawab dosen dalam mengimplementasikan tri darma peguruan tinggi yang wajib dilaksanakan dalam setiap semesternya.

“Alhamdulillah pada tahun ini, mampu menerjunkan sebanyak 132 Dosen dari berbagai wilayah untuk hadir dan mengikuti kegiatan PKM. Tahun lalu kami melaksanakan PKM di Pulau Tunda Kabupaten Serang, dan tahun 2022 ini kami memilih Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang sebagai sasaran kegiatan PKM,” ujar Pengurus IDRI Banten tersebut.

Hadir dalam kegiatan PKM, Maman Rohman selaku Kabid Pengembangan Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Engkos Kosasih selaku Camat Panimbang, Astaka selaku Kepala Desa Tanjung Jaya dan perwakilan masyarakat peserta pelatihan dan pembinaan PKM oleh IDRI Banten.

Dalam sambutannya, Achmad Rozi El Eroy, Ketua IDRI Provinsi Banten, mengatakan PKM Kolaboarsi Batch II IDRI Banten merupakan kegiatan tahunan yang menjadi sarana saling silaturahmi di antara dosen-dosen se-Banten pada khususnya, dan umumnya di dosen yang berasal dari luar Banten.

“Selama ini kita terjebak dalam interaksi yang sempit, hanya bertemu dan berbicara dengan rekan dosen satu kampus saja. Melalui PKM Kolaborasi ini diharapkan terbuka ruang untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi di antara dosen-dosen yang hadir,” ujar Rozi.

Ia menambahkan, “Hadirnya kegiatan PKM ini bukan semata-mata untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Jauh lebih penting dari itu adalah adanya sinergi dan kolaborasi postif di antara dosen dengan dosen, dosen dengan masyarakat dan dosen dengan pemerintah. Oleh karenanya, kita manfaatkan sebaik-baiknya momentum ini untuk saling berkolaborasi,” kata Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Primagraha tersebut.

Sementara itu Engkos Kosasih Camat Panimbang Kabupaten Pandeglang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para dosen yang tergabung dalam IDRI Provinsi Banten, yang telah memilih Tanjung Lesung sebagai sasaran dari kegiatan PKM.

“Terus terang ini adalah kali pertama Tanjung Lesung dikunjungi dosen-dosen sebanyak 132 orang yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Banten dan luar Banten. Kami sangat mengapreasiasi atas inisiatif IDRI Banten untuk melaksanakan PKM di Tanjung Lesung.” Ucap Engkos Kosasih.

Ia menambahkan, “Kami berharap kehadiran para Dosen yang teragbung di IDRI Provinsi Banten turut serta menggairahkan perekonomian masyarakat melalui pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan. Para Dosen yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang banyak terkait dengan pengelolaan pariwisata sangat diharapkan dapat membantu motivasi masyarakat dalam mengelola Tanjung Lesung sebagai Kawasan Ekonomi yang dapat bersaing dengan daerah lain.”

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Sentra Industri Batik Cikadu di Desa Cikadu Pandeglang.

Di sini para dosen melakukan sharing dengan pengelola Sanggar Batik Cikadu untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh pengelola sanggar. (R/RS2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.