Kampus Untirta Pandeglang Persiapkan Pusat Penelitian Sektor Pertanian

, MINA – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa () membuka lahan kampus untuk pusat penelitian sektor pertanian di Desa Kaduela, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, , Rabu (9/3).

Informasi yang dihimpun dari laman resmi Untirta, lahan yang merupakan hibah dari Pemkab Pandeglang seluas 6,88 hektare (tahap pertama) diperkirakan akan selesai dibangun pada tahun 2024.

Rektor Untirta, Prof. Fatah Sulaiman mengatakan, lahan persiapan kampus Untirta Pandeglang ini rencananya akan dibangun pusat pendidikan, pelatihan dan riset para pakar akademisi Untirta di berbagai bidang keilmuan.

Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengoptimalisasi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Pandeglang khususnya, dan Banten pada umumnya.

“Nanti ada kebun-kebun percobaan yang akan menjadi objek riset. Ada yang sudah dilakukan oleh Ketua LPPM bersama tim, melakukan identifikasi sumber daya alam di daerah Pandeglang,” kata Rektor Fatah Sulaiman.

“Insya Allah dalam tahun ini akan ada gedung yang tempat posko berdiskusi, pelatihan-pelatihan dan diklat-diklat yang mungkin nanti juga para pimpinan sambil melihat pemandangan gunung karang yang ingin melakukan penyegaran-penyegaran di tempat ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, akademisi Untirta nantinya akan melakukan riset-riset pada beberapa tumbuhan khas Pandeglang yang akan digarap bersama kekuatan riset teknologi pangan untuk menjadikan tumbuhan khas Pandeglang berkelas dunia.

“Kami juga konsen melakukan riset-riset seperti soal talas beneng yang difasilitasi oleh Islamic Development Bank (IsDB) melalui komitmen kita mengadakan pusat unggulan riset ketahanan pangan. Nanti akan berkumpul periset dari Untirta yang memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada para petani dan pemuda di Pandeglang,” tuturnya.

Rektor juga menyampaikan bahwa  langkah selanjutnya Untirta sedang menyiapkan proposal terkait dengan dana kontingensi IsDB dari penghematan yang dilakukan untuk membangun infrastruktur kampus di Pandeglang ini.

“Minimal selevel vokasi untuk Untirta tahap satu sebelum nanti tahap perwujudan Untirta yang berlokasi di Pandeglang. Saya kira itu tahapan targetnya dan mungkin tidak harus di periode sekarang. Namun Ibu Bupati telah menanam jejak yang baik yang nanti akan dipanen nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, Pemkab Pandeglang dan Untirta berkomitmen untuk mewujudkan mimpi besar.

“Mimpi besar itu tidak lain adalah bahwa di Pandeglang akan dibangun kampus Untirta yang notabene merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia,” ujar Bupati.

“Ini sejarah pertama kali. Betapa kita tidak bangga. Kerinduan kami akan adanya kampus negeri di Pandeglang ada di pundak Untirta. Saya berharap kita menjadi mitra strategis yang bisa membangun Indonesia, khususnya Pandeglang, khususnya pada sektor pertanian untuk menjadi lebih baik,” tambahnya. (R/RS2/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.