Indonesia Kirim Bantuan Gerakan Solidaritas Kedermawanan untuk Banjir Pakistan

Jakarta, MINA – Indonesia mengirim bantuan gerakan solidaritas kedermawanan untuk banjir Pakistan. Bantuan dilepas langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dengan memberangkatkan dua pesawat.

“Bantuan ini merupakan wujud solidaritas Internasional, pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kurang lebih satu juta USD (Rp15 M lebih) bantuan tunai dan barang-barang, berangkatkan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan jenis pesawat berbadan lebar AirBus A330 sebanyak empat sortie pengiriman, Senin (26/9),” kata Ketua Bidang Sinergi dan Kerjasama Forum Zakat, Zainal Abidin. Demikian keterangan yang diterima MINA.

Zainal mengatakan, FOZ berkomitmen bantuan yang disalurkan ke Pakistan aman regulasi, aman syar’i, aman NKRI.

“Maka dalam hal ini kami berkolaborasi dengan pemerintah untuk menjaga kepercayaan dana zakat yang dititpkan pada kami sampai dan tepat sasaran,” ucap Zainal.

Ia mengucapkan, terima kasih kepada Kemenko PMK, BNPB dan unsur pemerintah yang sudah memfasilitasi sehingga bantuan yang kami himpun dapat dikirim ke Pakistan dan diberangkatkan oleh Presiden Joko Widodo.

Ia juga berharap mudah-mudahan kontribusi masyarakat Indonesia melalui lembaga anggota Forum Zakat memberikan manfaat bagi masyarakat Pakistan.

“Meski kami semua tak dapat hadir secara fisik namun doa dan bantuan kami sampai ke Pakistan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan lain, Wakil Duta Besar Pakistan Muhammad Faisal Fayyaz mewakili pemerintah dan masyarakat Pakistan mengucapkan terima kasih kepada OPZ anggota Forum Zakat atas perhatian dan kepeduliannya terhadap rakyat Pakistan. “Ini adalah wujud kemanusiaan yang baik yang kami harapkan akan terus terjalin,” ungkap Faisal.

Turut mendampingi Presiden RI, Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Kami kirimkan utamanya bantuan untuk anak dan perempuan. Hari ini ada dua pesawat, dan akan kami kirimkan juga bantuan dari OPZ, NGO, Swasta, Masyarakat. Sudah ada 24 Organisasi yang berkumpul dan berkolaborasi nanti kami kirim melalui pesawat ketiga,” kata Muhadjir.

Upacara pelepasan bantuan tersebut juga dihadiri Mensesneg RI Pratikno, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit P, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Wakil Duta Besar Pakistan Muhammad Faisal Fayyaz, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Direktur Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan rombongan VIP lainnya.

Saat ini, Forum Zakat telah mengirimkan Tim Advance FOZ ke Pakistan untuk mengkaji kondisi dan membantu penyaluran di Pakistan. Dengan total bantuan yang disalurkan OPZ anggota Forum Zakat sebesar Rp766.362.000,-.

Adapun OPZ anggota Forum Zakat yang terlibat kolaborasi adalah, YBM BRILiaN, Baitulmaal Hidayatullah, Rumah Zakat, Pondok Sedekah Indonesia, Laznas Dewan Dakwah, Bazma Pertamina, Sinergi Foundation, LAZ Sukoharjo, Dompet Dhuafa, DT Peduli, Laznas Mandiri Amal Insani, YDSF, Lembaga Manajemen Infaq, Yatim Mandiri, Nurul Hayat, LAZGIS, Explore Humanity, ZIS Indosat, BSI Maslahat, LAZ MKU, Solo Peduli. (R/R8/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)