Indonesia Menang Telak Lawan Brunei 6-0, Dimas Drajat Hat-trick

Striker Timnas Indonesia, Dimas Drajad melakukan selebrasi bersama Hokky Caraka usai mencetak gol pembuka Garuda kontra Brunei Darussalam dalam laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/2023). [PSSI]

Jakarta, MINA – Timnas sepak bola Indonesia meraih kemenangan telak atas Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan mencukur tim tamu 6-0 yang diwarnai hat-trick Dimas Drajad.

Laga Indonesia vs Brunei di leg pertama babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10) malam WIB, yang juga disaksikan Presiden Joko Wiodo.

Indonesia sudah unggul saat pertandingan memasuki menit ketujuh. Hokky Caraka menang perebutan bola dengan kiper Brunei, yang sundulannya kemudian mengenai tiang. Bola muntah langsung disambar oleh Dimas Drajad di depan gawang yang sudah kosong dari pengawalan. Skor 1-0 bagi Garuda Muda.

Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-11. Tendangan sudut Saddil Ramdani dituntaskan dengan baik oleh Rizky Ridho. Umpan rendah jatuh tepat di kaki Rizky Ridho yang menendang bola langsung ke sisi kanan gawang Brunei. Skor 2-0 untuk Indonesia dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Indonesia mendapat hadiah penalti pada menit ke-62. Wasit menunjuk titik putih usai Sandy Walsh dijatuhkan oleh Muhammad Nazhan.

Ramadhan Sananta maju sebagai algojo. Meski arah tendangannya terbaca oleh kiper Muhammad Haimie, tetapi bola itu cepat dan terlalu di pinggir kiri sehingga tidak terjangkau. Skor 3-0 untuk anak asuh pelatih Shin Tae-yong.

Ramadhan Sananta kembali mencetak gol pada menit ke-68 yang membawa Indonesia unggul 4-0. Dia menanduk bola muntah dari tendangan Ricky Kambuaya yang ditepis oleh kiper Brunei.

Keunggulan Garuda Muda terus berlanjut. Dimas Drajad mencetak gol keduanya pada menit ke-72. Bermula ketika Saddil Ramdani melepaskan umpan dari sisi kanan dan Dimas Drajad relatif leluasa menanduk bola untuk menjebol gawang Brunei. Skor 5-0 untuk tim tuan rumah.

Dimas Drajad mencetak gol ketiganya sekaligus mengukir hat-trick pada menit ke-91. Tendangan mendatarnya dari dalam kotak penalti gagal diantisipasi kiper Brunei. Telak 6-0 bagi indonesia.

Indonesia akan bertandang ke Brunei Darussalam di leg kedua pada Selasa, 17 Oktober 2023. (L/RI-1/p1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.