Indonesia Tuan Rumah Turnamen Basket FIBA Asia Cup 2022

Jakarta, MINA – Indonesia menjadi tuan rumah Asia Cup 2022 yang diselenggarakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 12-24 Juli 2022.

merupakan ajang turnamen bola terbesar di Benua Asia yang diadakan setiap empat tahun antara tim nasional putra Asia dan Oseania.

Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, Junas Mardiansyah mengatakan dalam keterangannya dikutip MINA, Kamis (14/7), Timnas Bola Basket Indonesia mendapat target cukup tinggi.

Indonesia diharapkan tidak hanya sekedar menjadi tuan rumah, juga menorehkan prestasi yang bisa dibanggakan bersaing dengan 15 tim lainnya. Terlebih di tahun selanjutnya, Indonesia juga akan menjadi salah satu tuan rumah FIBA World Cup 2023.

Indonesia saat ini menjadi tuan rumah sejumlah event besar olahraga dunia serta mengembangkan olahraga tanah air.

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018. Nanti ada Piala Dunia FIFA U20 tahun depan, serta Piala Dunia FIBA bersama Jepang dan Filipina juga berlangsung tahun depan.

Kemudian ada event MotoGP yang berkelanjutan selama 10 tahun ke depan.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno meminta para peserta untuk berlibur mengunjungi tempat wisata Indonesia selepas berlaga di FIBA Asia Cup.

Ia mengingatkan nilai-nilai positif dari bola basket, termasuk sportmanship. “Saya menunggu momen ini. Pekerjaan saya menteri, tapi passion saya bola basket,” katanya.

Setelah 29 tahun berlalu, kota Jakarta kembali mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022.

Selaku tuan rumah, timnas basket Indonesia tergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan juara bertahan Australia.

Adapun sejak pertama kali digelar 1960, China menjadi negara yang palin sering menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup, yakni sebanyak enam kali. Kemudian disusul Jepang dengan lima kali menjadi tuan rumah.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.