Inilah Keutamaan Sedekah

Oleh Bahron Ansori, wartawan MINA

Salah satu sebab orang yang sudah mati ingin kembali lagi ke dunia adalah karena ia berharap bisa bersedekah. Si mayit ingin bisa kembali ke dunia bukan karena agar bisa meraih suatu jabatan, punya harta yang banyak, keturunan yang banyak, atau pengaruh yang luas.

Namun, orang yang sudah mati itu ingin kembali ke dunia walau hanya beberapa menit saja karena satu alasan: agar bisa bersedekah. Seberapa besar keutamaan sedekah sehingga membuat seorang muslim yang sudah wafat minta kepada Allah Swt agar bisa kembali ke dunia.

Allah Swt berfirman,

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (Qs. Al Munafiqun 63:10).

Berikut adalah beberapa keutamaan bersedekah.

Pertama. Menghapus dosa. Manusia memang tidak luput dengan dosa. Kesempurnaannya dipertanyakan apakah kita pantas disebut makhluk yang sempurna padahal kita selalu enggan untuk meminta ampun dengan apa yang telah kita perbuat.

Nabi Muhammad Saw bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Sedekah, itulah cara mudah yang disediakan Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa kita. Cukup dengan tersenyum saja, Anda sudah bersedekah karena senyum adalah salah satu sedekah termudah yang dapat kita sebarkan dengan mengukir garis senyum di bibir kita.

Kedua. Bersedekah bisa berbentuk apa saja. Bagaimana cara kita mendapatkan keutamaan bersedekah tetapi tidak mempunyai uang? Nabi Muhammad Saw bersabda: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.” (HR. Bukhari).

Tidak punya uang bukan berarti penghalang untuk bersedekah. Lebih baik menjadi tangan di atas daripada tangan di bawah. Itulah mengapa sedekah tidak hanya sekedar tentang uang saja, tetapi juga senyum, membantu orang ketika susah, membersihkan ruangan ketika tidak ada yang membersihkan, dan lain sebagainya.

Ketiga. Mengutamakan sedekah tidak akan mengurangi harta. Rasulullah Saw bersabda, “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588).

Apakah gaji Anda belum cukup untuk penghasilan sehari-hari? Apakah Anda masih memikirkan bagaimana biaya sekolah anak-anak Anda yang masih juga belum cukup?

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk bersedekah. Bukan hanya membersihkan diri dari dosa, tetapi keutamaan sedekah juga dapat mendatangkan rezeki lagi kepada kita. Jika kita yakin bahwa diri kita bersedekah karena Allah, insha Allah akan digantikan dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

Keempat. Sedekah dapat memanjangkan umur. Nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani).

Inilah salah satu rahasia agar umur dipanjangkan Allah Ta’ala: sedekah. Makna panjang umur menurut beberapa ulama ada yang bermakna denotasi (makna sebenarnya). Artinya umurnya benar-benar dipanjangkan.

Namun, sebagian yang lain menafsirkan secara konotasi bahwa yang dimaksud dengan dipanjangkan umurnya adalah keberkahan dari usianya selama hidup. Bahkan setelah kematiannya pun segala amal sedekahnya akan selalu dikenang dan disebut-sebut banyak orang sehingga menjadi contoh untuk melakukan hal serupa itu.

Kelima. Allah melipatgandakan pahala orang-orang bersedekah. Allah Maha Melihat, al-Basir البصير Setiap apapun yang dilakukan oleh kita, pasti Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى akan melihat kita. Sedekah sedikit apapun itu pasti Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melihatnya. Di situlah Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melipatgandakan pahala orang-orang yang bersedekah.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman yang artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui.“ (Qs. Al-Baqoroh: 261)

Keenam. Mendapat naungan di Hari Akhir. Rasulullah telah jelas mengungkapkan tentang orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat nanti, salah satunya adalah orang-orang yang bersedekah.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.“ (HR. Bukhari).

Sebenarnya masih banyak lagi keutamaan sedekah yang lain, hanya saja penulis mencoba untuk membatasinya. Semoga manfaat. (A/RS3/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)