Iran Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah Pekan Kebudayaan Saudi

Iran siap menjadi tuan rumah Pekan Kebudayaan Saudi. (IRNA)

Teheran, MINA – Kepala Organisasi Kebudayaan dan Hubungan Islam (ICRO) Mohammad Mehdi Imanipour mengatakan, Teheran siap menjadi tuan rumah Pekan Kebudayaan Arab Saudi.

Imanipour dan Duta Besar Arab Saudi untuk Iran, Abdullah bin Saud Al-Anzi, bertemu di Teheran pada Ahad (18/2) untuk membahas diplomasi budaya, seperti dikutip dari media pemerintah Iran, IRNA.

Imanipour menekankan pentingnya ikatan budaya dan ilmu pengetahuan antara Iran dan Arab Saudi, dan menyatakan bahwa ikatan budaya berfungsi sebagai cara teraman untuk mendekatkan kedua negara.

Dia juga menyatakan, kedua negara menghadapi masalah yang sama yaitu Islamofobia, dan bahwa dunia sedang bergulat dengan standar ganda dalam hal diplomasi dan aktivitas media.

Contoh utama dari standar ganda tersebut adalah perang yang sedang berlangsung di Gaza, kata pejabat Iran tersebut, seraya menambahkan bahwa jika ada pihak lain yang terlibat dalam kejahatan seperti yang terjadi di Gaza, hal itu akan ditangani dengan serius.

Al-Anzi mengakui nilai-nilai bersama antara kedua negara yang bertetangga dan bersaudara, dengan menyatakan bahwa hubungan mereka didasarkan pada rasa saling menghormati dan bertetangga yang baik.

Dia menekankan peran penting kedua negara dalam Organisasi Kerja Sama Islam, dan menyerukan percepatan kerja sama budaya antara Iran dan Arab Saudi. (T/R2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.