IRC: Gaza Tempat Paling Mematikan di Dunia Bagi Pekerja Bantuan

Tujuh anggota badan amal World Centre Kitchen (WCK) yang gugur dibom di Jalur Gaza oleh Israel pada Senin, 1 April 2024. (Foto: X @WCKitchen)

New York, MINA – Komite Penyelamatan Internasional () mengatakan, pembunuhan pekerja amal internasional pekan ini oleh serangan udara menyoroti bahwa adalah “tempat paling mematikan di dunia bagi ”.

terhadap konvoi lembaga amal AS World Central Kitchen (WCK) yang mengantarkan makanan di Gaza menewaskan sedikitnya tujuh orang pada hari Senin (1/4). Di antara mereka adalah warga negara ganda Amerika-Kanada dan warga negara Australia, Polandia, dan Inggris.

“Ada kenyataan yang tidak menyenangkan bahwa hingga hari Senin, sepanjang pengetahuan saya, semua pekerja bantuan yang terbunuh (sampai saat itu) adalah warga ,” kata Wakil Presiden Senior Program Internasional IRC Ciaran Donnelly, Euro News melaporkan, Kamis (4/4).

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

“Kami telah melihat peningkatan yang signifikan dalam perhatian global terhadap masalah ini, terhadap keselamatan pekerja kemanusiaan yang sebagian besar disebabkan oleh kewarganegaraan mereka yang terbunuh pada hari Senin,” katanya.

Sebelum serangan, Donnelly mengatakan 196 pekerja kemanusiaan dan 350 petugas kesehatan gugur dalam perang yang dimulai sejak 7 Oktober 2023.

Meskipun Donnelly tidak mau berbicara tentang motivasi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang melakukan serangan tersebut, tetapi dia mengatakan, perang Gaza “tidak dilakukan dengan cara yang menghormati perlindungan yang diberikan berdasarkan hukum kemanusiaan internasional.” (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.