Irlandia Kecam Netanyahu Karena Berupaya Perpanjang Serangan ke Gaza

Menteri Luar Negeri Irlandia, Micheal Martin menghadiri konferensi pers bersama dengan mitranya dari Jerman di Kementerian Luar Negeri di Berlin, pada 18 Januari 2024. (Photo: MICHELE TANTUSSI/AFP via Getty Images)

Berlin, MINA – Irlandia, pada Kamis, mengkritik tajam Perdana Menteri pendudukan , , karena berupaya memperpanjang serangan ke . Demikian dikutip dari Memo, Jum’at, (19/1).

“Dalam pandangan saya, sangat tidak dapat diterima jika Perdana Menteri pendudukan Israel mengatakan bahwa perang ini bisa berlangsung hingga tahun 2025,” kata , Michael Martin, pada konferensi pers bersama rekannya dari Jerman, Annalena Baerbock, di Berlin setelah pertemuan.

“Terlalu banyak nyawa tak berdosa yang hilang, terlalu banyak anak-anak yang kehilangan nyawa mereka, dan Anda tidak dapat menyelesaikan situasi seperti ini hanya dengan cara militer,” tegasnya .

“Perdana Menteri Netanyahu dan semua orang harus fokus pada bagaimana mengakhiri ini secepat mungkin dan juga harus berhenti menembakkan roket, mengumumkan gencatan senjata, dan meletakkan senjata mereka,” kata Martin.

Baca Juga:  Bahrain Serang Israel sebagai Bukti Bela Palestina

Ia mengakui bahwa Irlandia dan Jerman memiliki yang berbeda mengenai konflik yang terjadi di Gaza saat ini, namun menggarisbawahi bahwa keduanya memiliki tujuan yang sama dalam hal isu kemanusiaan.

“Kami berdua sangat jelas, pertama-tama, mengenai perlunya akses tanpa hambatan terhadap bantuan kemanusiaan ke Gaza, dan itu adalah sesuatu yang harus dilakukan atas dasar kemanusiaan,” katanya.

Dia juga menekankan bahwa perdamaian abadi hanya dapat dicapai melalui solusi dua negara, dan Irlandia serta Jerman juga menyetujui hal ini.

“Dalam hal jalur perdamaian, jalur politik yang pada akhirnya akan mengarah pada solusi dua negara, kami sangat sepakat mengenai hal itu,” kata Martin.

Baca Juga:  Kongo Masih Berjuang Bendung Wabah Cacar Monyet

“Pada akhirnya keamanan Israel, dalam pandangan saya, bergantung pada berdirinya merdeka”. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.