ISIS HAMPIR KUASAI PENUH KOTA KUNO PALMYRA SURIAH

Reruntuhan kuno di kota Palmyra. (Foto: AFP)
Reruntuhan kuno di kota . (Foto: AFP)

London, 3 Sya’ban 1436/21 Mei 2015 (MINA) – Lembaga pemantau Suriah yang berbasis di London, Observatorium Suriah untuk HAM, mengatakan, kelompok kuat Islamic State atau hampir mengambil kontrol penuh kota kuno Palmyra, timur laut Suriah.

Kondisi itu tercipta setelah bentrokan hebat yang terjadi antara pejuang ISIS dengan pasukan rezim, demikian AlBawaba melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA)  Kamis (21/5).

Direktur Observatorium, Rami Abdel Rahman mengatakan, ISIS mengendalikan hampir semua Palmyra, kecuali penjara di timur dan markas intelijen militer Suriah di barat.

Pengumuman ini muncul kurang dari 12 jam setelah lembaga pemantau itu mengatakan, ISIS menguasai sepertiga Palmyra, termasuk sebuah pos pemeriksaan utara dan gedung keamanan. Kelompok juga telah menguasai dua ladang gas di wilayah utara.

Serangan ISIS di Palmyra dimulai sejak sepekan yang lalu, dan sejak itu setidaknya 350 orang telah tewas dalam bentrokan.

Palmyra adalah sebuah kota Semit kuno, terletak di Provinsi Homs, Suriah. Kota ini disebutkan dalam Alkitab Ibrani dan dalam sejarah raja-raja Asyur, maka dimasukkan ke dalam Helenistik Kekaisaran Seleukia, diikuti oleh Kekaisaran Romawi. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0