Israel Akan Percepat Pembentukan Zona Industri Bersama Yordania

Tel Aviv, MINA – mengatakan, akan mempercepat proses pembentukan zona industri bersama dengan .

Keputusan untuk mempercepat pembangunan dan pengoperasian taman Jordan Gateway diambil guna meningkatkan kerja sama dengan Yordania, menurut keterangan pemerintah pendudukan Israel pada Ahad (1/7), demikian Arab News melaporkan.

Proyek ini pertama kali diusulkan selama pembicaraan tentang Perjanjian Perdamaian Yordania-Israel yang ditandatangani pada tahun 1994.

Rincian akhir dari inisiatif tersebut disampaikan pekan lalu, saat kunjungan Lapid ke Amman di mana ia bertemu dengan Raja Abdullah II.

“Dua puluh delapan tahun sejak perjanjian damai dengan Yordania, kami membawa hubungan bertetangga yang baik antara kedua negara, kami selangkah lebih maju,” kata Perdana Menteri Israel .

Ia mengatakan, terobosan ini akan memberikan kontribusi besar bagi pengembangan dan penguatan kawasan.

Menurut Lapid, inisiatif itu akan meningkatkan lapangan kerja di kedua negara, memajukan hubungan ekonomi dan diplomatik, serta meningkatkan perdamaian dan persahabatan antara Yordania dan Israel.

“Ini adalah zona industri bersama di perbatasan. Ini akan memungkinkan pengusaha Israel dan Yordania untuk berkomunikasi secara langsung. Ini akan menghasilkan inisiatif bersama dalam perdagangan, teknologi, dan industri lokal,” ujarnya.

Keputusan itu termasuk memajukan pengoperasian Terminal Taman Gerbang Jordan untuk pejalan kaki, yang juga akan menjadi persimpangan bagi pengusaha yang tertarik dengan inisiatif dan zona industri di sisi Yordania.

Otoritas Bandara Israel akan membangun dan mengoperasikan Terminal Taman Gerbang Jordan, tunduk pada perjanjian anggaran dan persetujuan dari Komite Ekonomi Knesset.

Ini akan mencakup fasilitas menjamu para eksekutif dan tamu yang datang dari Yordania untuk tujuan bisnis.

Pembangunan segera fasilitas pintu masuk dan struktur yang diperlukan guna mengoperasikan taman akan dievaluasi, sambil mengalokasikan sumber daya untuk penyelesaian. (T/R6/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.