Israel Gunakan Teknologi Maju untuk Temukan Terowongan

Mirajnews Crew, Terowongan Gaza

Mirajnews Crew, Terowongan Gaza
Tim Wartawan MINA saat meliput salah satu terowongan milik pejuang Gaza. (Foto: MINA)

 

Tel Aviv, MINA – Seorang juru bicara militer pada Senin (30/10) mengungkapkan bahwa menggunakan teknologi maju untuk menemukan terowongan milik Hamas di Gaza, tapi ia menolak untuk menguraikannya.

Pejabat militer Israel yang tidak bersedia disebutkan namanya itu juga mengatakan, tentara telah berusaha membangun tembok bawah tanah di sekitar Gaza yang akan memblokir yang menyeberang ke wilayah Israel.

Pernyataan itu muncul setelah pesawat tempur Israel mengebom sebuah terowongan yang menewaskan tujuh personel Hamas dan Jihad Islam. Demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip MINA.

Pada masa lalu, pasukan Hamas menggunakan terowongan untuk memasuki Israel dan melakukan serangan.

Pada bulan April 2016, militer Israel mengatakan telah menemukan dan menghancurkan sebuah terowongan yang membentang dari Jalur Gaza ke Israel. Itu adalah penemuan pertama sejak perang besar tahun 2014 berakhir.

Sebuah penyelidikan negara pada bulan Februari, menuduh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan petinggi militer tidak siap menghadapi terowongan yang digunakan Hamas selama konflik 2014.

Menurut PBB, selama perang 2014, 32 terowongan ditemukan, termasuk 14 yang diperluas ke Israel.

Konflik yang menghancurkan tersebut menewaskan 2.251 warga Palestina, sementara lebih dari 10.000 orang terluka dan 100.000 lainnya kehilangan tempat tinggal. Di sisi Israel, 74 orang tewas, enam di antaranya tentara. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.