ISRAEL TAHAN 370 WARGA PALESTINA SELAMA MEI

internasional.kompas, 4 Sya’ban 1435/2 Juni 2014 (MINA) – Sebuah laporan dikeluarkan oleh Pusat Tahanan dan Hak Asasi Manusia (HAM) menunjukkan pasukan Israel menembak mati dua warga Palestina dan menahan 370 lainnya selama Mei 2014.

LSM itu menyatakan, laporan tersebut mencatat penembakan dua pemuda Palestina di dekat pos pemeriksaan Ramallah pada 15 Mei, bertepatan dengan hari Nakba. Alray melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pemuda tersebut diidentifikasi sebagai Nadim Nuwara (17) dan Muhammad Abu Thahr (20).

Insiden ini menimbulkan kecaman masyarakat internasional setelah kelompok HAM itu merilis rekaman video yang menunjukkan dua pemuda tersebut tidak sedang melakukan aksi protes, namun mereka ditembak hingga tewas.

Menurut laporan itu, penangkapan dengan jumlah sekitar 370 terjadi di Tepi Barat, Al-Quds dan Jalur Gaza.

Penangkapan dilakukan di Tepi Barat dan Al-Quds Timur dengan jumlah 118 orang. Mereka  dimasukan ke dalam tahanan, termasuk 86 dari Hebron, 40 dari Nablus, 30 dari Betlehem dan di 27 dari Ramallah.

Penjajah Israel juga menangkap 12 warga Palestina di Jalur Gaza yang terkepung, diantaranya 3 orang menyusup ke perbatasan timur yang berada di bawah kontrol Israel dan sembilan nelayan ditangkap oleh pasukan Angkatan Lautnya.

Dari lima tahanan perempuan, tiga dari mereka dibebaskan.(T/Fauziah/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0