Jelang Keberangkatan Haji, Menag Ingatkan Jamaah Jaga Kesehatan

Foto: kemenag

Jakarta, MINA – Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan jelang keberangkatan haji 2022.

“Saya perlu sampaikan, di Saudi sedang musim panas. Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40 – 44 derajat celcius,” kata Menag di Bandara Internasional Soekarno Hatta usai melaksanakan lawatan selama lima hari ke Arab Saudi. Dikutip dari website Kemenag, Selasa (24/5).

“Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius,”lanjutnya.

Menag berharap jamaah mulai mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.

Selain itu, Menag menyarankan kepada jamaah untuk memperdalam manasik haji serta melakukan persiapan fisik.

“Dalam masa tunggu ini sampai nanti jamaah haji diberangkatkan, persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi,” tegasnya.

Indonesia akan memberangkatkan jamaah haji dengan kuota 100.051 orang. Angka itu terdiri dari 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus. (R/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA) 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.