Jepang akan Bantu Yordania 1,4 Miliar Yen untuk Tangani Pengungsi

Tokyo, MINA – Perdana Menteri (PM) mengatakan pada Jumat (14/7) bahwa Tokyo akan memberikan bantuan hibah sebesar 1,4 miliar yen (Rp165 miliar) kepada untuk meringankan beban Amman dalam menerima pengungsi Suriah.

Seperti dilaporkan Jiji Press,dikutip MINA,  janji itu disampaikan Abe dalam sebuah pertemuan dengan , juga menteri pertahanan, di kantor perdana menteri di Tokyo.

“Bantuan tersebut dimaksudkan untuk menutupi biaya renovasi untuk jaringan pasokan air bersih di daerah yang menampung pengungsi,” kata Abe.

Kedua pemimpin juga sepakat untuk memulai negosiasi perjanjian investasi bilateral untuk memperkuat hubungan ekonomi negara mereka.

Jepang menganggap Yordania, yang memelihara hubungan baik dengan Amerika Serikat (AS), sebagai penopang stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Baca Juga:  Aktivis HAM Terkemuka Luncurkan Kampanye Global Boikot Israel

Menerima 1,3 juta pengungsi dari Suriah yang dilanda perang, bagaimanapun, telah menjadi beban bagi Yordania.

Dalam konferensi pers bersama setelah pembicaraan mereka, Abe mengatakan, “Kami akan mendukung stabilitas sosial dan ekonomi Yordania dan dengan kuat mendukung pembangunannya.”

Sementara itu pemimpin Yordania mengatakan bahwa dia menghargai kemitraan strategis dengan Jepang, menunjukkan harapannya untuk kerjasama yang lebih kuat dengan kekuatan Asia itu di bidang keamanan dan kontraterorisme. (R11/P1)

 

Miraj Islamic News Agency (MINA) 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.