Jepang Sumbang 500.000 Dolar AS untuk Wanita Rentan di Gaza

Wanita di , menjadi korban serangan Israel (Foto: File/Istimewa)

Gaza, MINA – Pemerintah menyumbangkan 500.000 dolar AS kepada Palestine Office untuk proyek satu tahun guna membantu wanita rentan di Gaza, menurut siaran pers urusan wanita, Kamis (19/4).

Program ini, difokuskan khusus pada wanita rentan di pengungsian yang menderita dan cacat, serta wanita lanjut usia. Program akan memberikan layanan perlindungan khusus dan kegiatan pemberdayaan ekonomi kepada hampir 1.700 penerima manfaat langsung sampai April tahun depan.

Menyusul konflik tahun 2014 di Gaza yang menciptakan pemindahan besar-besaran, perempuan di Gaza secara tidak proporsional dipengaruhi oleh kondisi kemanusiaan yang secara sistemik menciptakan kerentanan berbasis gender, kata PBB Wanita seperti dilaporkan Wafa.

Kondisi hidup yang tidak aman dan kepadatan penduduk serta hilangnya mata pencaharian serta properti, sering kali mengarah pada mekanisme penanggulangan negatif, seperti putusnya anak-anak dari sekolah dan pernikahan dini anak perempuan.

“Penurunan akses layanan dasar, terutama air dan listrik sebagai akibat kerusakan infrastruktur, telah menggandakan beban domestik bagi perempuan dan merusak kemampuan mereka untuk terlibat dalam kegiatan yang menghasilkan pendapatan,” katanya.

Kerusakan luas di daerah pertanian di Gaza secara signifikan juga mengurangi peluang kerja yang tersedia bagi perempuan yang bekerja di bidang pertanian.

Penelitian terbaru menunjukkan, bahwa perempuan di Gaza tidak memiliki akses ke pendapatan keuangan yang berkelanjutan dan terpapar pada kekerasan berbasis gender dalam semua bentuknya.

Proyek yang didanai Jepang itu bertujuan mengatasi masalah tersebut dan melindungi perempuan yang paling membutuhkan.

PBB Wanita akan bekerja dengan berbagai mitra untuk menyediakan layanan khusus, seperti manajemen kasus untuk kekerasan berbasis gender, dukungan psikososial, bantuan hukum, dan layanan rujukan.

Selain itu, karena proyek ini memiliki fokus khusus pada wanita yang menderita dan kecacatan, serta wanita lanjut usia, maka akan diberikan dukungan rehabilitasi fisik oleh fisioterapi wanita terlatih dan peralatan fasilitatif seperti kursi roda, kasur khusus, dan alat bantu dengar.

Proyek juga untuk kegiatan yang menghasilkan pendapatan, seperti peluang kerja tunai, akan diberikan bersama dengan pelatihan kejuruan dan program pengembangan keterampilan bisnis untuk perempuan.

Sementara kegiatan pengembangan kapasitas organisasi perempuan untuk memperkuat kemampuan mereka menangani prioritas gender dan memenuhi kebutuhan yang berbeda dari perempuan dan anak perempuan melalui respon kemanusiaan yang disesuaikan, juga akan dimasukkan.

Takeshi Okubo, duta besar untuk Urusan Palestina / Perwakilan Jepang untuk Palestina mengatakan, dirinya senang mengumumkan kepada Anda bahwa Pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan bantuan baru sekitar $ 40 juta ke Palestina untuk tahun 2018, termasuk PBB Women. Dengan bantuan baru ini, total nilai bantuan Jepang kepada rakyat Palestina akan mencapai $ 1,86 miliar sejak 1993. ”

Ulziisuren Jamsran, Perwakilan Khusus PBB urusan wanita mengatakan, dukungan keuangan terus menerus dari pemerintah Jepang untuk wanita dan anak perempuan yang paling rentan di Gaza melalui UN Women telah membawa perubahan positif dalam kehidupan wanita dan gadis yang menderita berbagai bentuk. Pelanggaran hak asasi manusia, termasuk kekerasan berbasis gender, dan dampak dari krisis kemanusiaan yang berkembang di Gaza.

“Kami berharap bahwa penyediaan layanan khusus dan kegiatan peningkatan kapasitas ekonomi melalui pendanaan Jepang akan lebih memberdayakan perempuan di Gaza untuk mengatasi situasi yang sulit dan mencapai potensi penuh mereka terlepas dari segala rintangan,” katanya.

Selama proyek berjalan, UN Women akan melakukan kerja sama dengan organisasi masyarakat sipil yang memiliki kapasitas dalam memberikan layanan kemanusiaan yang peka terhadap gender untuk wanita yang paling rentan, terutama wanita yang selamat dari kekerasan, wanita penyandang cacat dan wanita lanjut usia.

PBB Wanita juga akan memanfaatkan kemitraan strategisnya dengan Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) untuk memperkuat fokus gender dalam respon kemanusiaan yang akan menguntungkan perempuan yang paling rentan. (T/B05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.