JK Sampaikan Bela Sungkawa Untuk Keluarga Kyai Hasyim⁠⁠⁠⁠

Depok, 17 Jumadil Akhir 1438/16 Maret 2017 (MINA) – Wakil Presiden Indonesia menyampaikan atas wafatnya almarhum Kyai Hasyim Muzadi, pada Kamis (16/3) di Malang.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Pada sore hari ini kita berkumpul di Taman Pemakaman Pesantren Al Hikam untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Kyai Hasyim Muzadi. Kami mewakili pemerintah IIdonesia mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya,” kata .

Mengawali sambutannya dengan memuji Allah, JK kemudian menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kyai Hasyim atas sumbangsih pemikirannya bagi Indonesia.

“Indonesia patut bersyukur memiliki putra bangsa seperti Kyai Hasyim yang telah memberikan banyak manfaat untuk menjaga persatuan bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, meski terlihat tetap tegar, JK tak bisa menyembunyikan kesedihannya dengan wafatnya Kyai Hasyim.

“Kita tentu sangat sedih dengan perginya almarhum (Kyai Hasyim). Tetapi kita tidak boleh menafikkan bahwa almarhum adalah manusia biasa yang kapan saja pasti akan dipanggil oleh Allah,” kata JK.

Di akhir sambutannya, JK meminta segenap jamaah yang hadir, maupun masyarakat Indonesia di mana saja untuk memaafkan segala kesalahan almarhum.

“Kami meminta jamaah yang hadir di sini, maupun yang tidak hadir untuk bisa memaafkan kesalahan beliau, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja,” tandasnya.

Beberapa tokoh yang hadir, di antaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Duta Besar Saudi untuk Indonesia, Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab, Akbar Tanjung, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Menag Lukman Hakim Saefuddin dan sejumlah tokoh muslim Indonesia lainnya serta ribuan pelayat dari berbagai daerah. (L/R06/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.