Jokowi dan Erdogan Bertemu di Sela-sela KTT G20

Foto: Tangkap Layar

Roma, MINA – Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan pertemuan bilateral di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia pada Sabtu (30/10) waktu setempat.

Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh beberapa menteri, antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dam Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menlu Retno dalam jumpa pers secara virtual pada Ahad (31/10) waktu Indonesia mengatakan, pertemuan tersebut membahas beberapa hal antara lain persiapan kunjungan Presiden Turki ke Indonesia.

Dalam persiapan kunjungan, lanjut Retno, dibahas upaya untuk mempercepat negosiasi CEPA dan direncanakan akan diluncurkan mekanisme dialog level tinggi antara Indonesia dan Turki.

Selain bertemu dengan Erdogan, Jokowi dalam kesempatan tersebut juga melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Presiden Perancis Emanuel Macron.

KTT G20 di Roma berlangsung pada 30-31 Oktober 2021. Di akhir kegiatan, Indonesia akan menerima tongkat estafet Presidensi G20 dari Italia. Kegiatan G20 di bawah kepemimpinan Indonesia akan dimulai pada bulan Desember 2021. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.