Jokowi Intruksikan PSSI Hentikan Sementara Liga 1

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara .

Hal itu disampaikan Jokowi setelah tragedi sepak bola pada pertandingan antara Arema FC versus vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10) malam, demikian keterangan pers yang diterima MINA, Ahad (2/10).

Ia menegaskan, Liga 1 akan hingga evaluasi yang berkaitan dengan tragedi sepak bola ketika pertandingan antara dua klub asal Jatim itu, selesai dilakukan oleh pihak terkait.

“Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi selesai,” kata Presiden.

Presiden meminta instansi pemerintah dari mulai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), PSSI, dan Kepolisian harus melakukan evaluasi secara menyeluruh, sehingga, fenomena tragedi sepak bola tidak terulang pada pertandingan sepak bola di berbagai tingkatan liga lainnya.

Kepala Negara juga memerintahkan Kemenpora dan PSSI untuk melakukan evaluasi dari pelaksanaan pertandingan. Sedangkan, Kepolisian akan melakukan evaluasi dari segi prosedur pengamanan penyelenggaraan pertandingan antara kedua klub tersebut.

“Peristiwa itu adalah tragedi terakhir sepak bola di tanah air, jangan sampai ada lagi tragedi kemanusiaan seperti itu,” tegas Presiden.

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa duka cita mendalam terhadap masyarakat yang menjadi korban dari kejadian itu. Sebagai bentuk, dari kehadiran pemerintah, Jokowi telah menginstruksikan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Gubernur Jatim memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang mengalami luka-luka.

Pelayanan kesehatan terbaik harus diberikan kepada korban yang mengalami luka-luka setelah menyaksikan pertandingan antara kedua klub tersebut.

“Saya minta semua memonitor secara khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit, agar mendapatkan pelayanan terbaik, bagi korban meninggal juga harus diberi pelayanan maksimal,” ucap Jokowi. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)