Jonatan Christie Juara Badminton Asia Championship 2024

Jonatan christie juara BAC 2024, di China, Ahad (14/4). (Foto: badminton.ina)

Jakarta, MINA – Tunggal putra Indonesia, berhasil menjadi juara di ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2024 usai membungkam wakil tuan rumah China, Li Shi Feng, di partai final dengan skor 21-15 dan 21-16 dalam waktu 54 menit.

Kejuaraan Bulutangkis Asia itu berlangsung di Olympic Sports Centre Gymnasium, Ningbo, China, Ahad (14/4) sore WIB.

Keberhasilan Jonatan menjuarai BAC 2024 membuat Indonesia mempertahankan gelar kompetisi antar pebulu tangkis Asia itu. Pada edisi 2023, Anthony Ginting merupakan juara BAC tahun lalu.

Sebelumnya, Jojo sapaan akrab Jonatan Christie, membuat publik bulu tangkis Indonesia terpukau berkat prestasi gemilang menjuarai All England 2024. Saat itu, Jonatan menyabet gelar juara All England setelah menumbangkan sesama wakil Indonesia, Anthony Ginting, melalui dua gim dengan skor 21-15, 21-14 pada Ahad (17/3) lalu.

Keberhasilan Jonatan menjadi juara All England 2024 sekaligus mengakhiri penantian 30 tahun Indonesia meraih gelar juara kompetisi bulu tangkis tertua itu dari sektor tunggal putra.

Kali terakhir Indonesia mengangkat gelar juara All England ialah saat Hariyanto Arbi berjaya pada edisi 1994. Selang satu bulan Jojo juara All England 2024, pebulu tangkis kelahiran Jakarta itu kembali bersinar di Badminton Asia Championships 2024.

“Pertama-tama Puji Tuhan. Saya tidak menyangka bisa juara lagi setelah kemarin juara All England dan bisa menjadi booster penambah semangat buat saya pribadi agar ke depannya bisa lebih konsisten dan lebih baik lagi dalam hal performance dan segalanya,” ujar Jojo dalam rilis .

Jonatan mengungkapkan bahwa keberhasilan berjaya di BAC 2024 dipersembahkan untuk pihak-pihak yang telah membantunya saat ini. “Saya persembahkan gelar ini (BAC 2024) yang pertama untuk Tuhan dahulu karena kemenangan ini berkat Tuhan juga,” kata Jojo.

“Selanjutnya untuk keluarga, istri, mama, papa, nenek, pelatih, team support, PBSI yang telah sangat membantu perkembangan saya selama ini. Lalu juga para suporter bulu tangkis Indonesia yang tidak henti-hentinya selalu mendoakan. Terima kasih untuk kalian semua,” katanya. (L/R11/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.