Kakanwil Kemenag Harap DKI Jakarta Miliki Kawasan Halal

Kepala Kanwil Kementerian Agama DKI Dr Abdurrahman (Dok Kanwil Kemenag DKI)

, 16 Ramadhan 1438/11 Juni 2017 (MINA) – Kepala Kanwil Kementerian Agama DKI Dr Abdurrahman berharap, Jakarta memiliki kawasan halal, ujarnya saat mengunjungi stand produk-produk halal yang tersedia di Kawasan 2017 di Plaza Semanggi, Jakarta.

“Jakarta harus punya minimal satu kawasan yang menjadi tujuan wisata halal bagi wisatawan,” tutur Abdurrahman di Jakarta, Jumat (9/6/2017), rilis Kemenag DKI menyebutkan.

Menurut Abdurrahman, mewujudkan satu kawasan halal di DKI Jakarta menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan swasta.

“Kawasan ini penting untuk memberikan jaminan kenyamanan konsumsi produk halal kepada masyarakat Muslim di Jakarta, maupun wisatawan Muslim yang datang ke Jakarta,” lanjutnya.

Ia juga mengapresiasi MUI yang telah menggagas kegiatan tersebut dan berharap berlanjut seterusnya.

“Jadi, orang Timur Tengah datang ke sini, dari Brunei, Malaysia datang ke sini tuh sekarang masih bingung mau makan di mana. Makanya perlu disediakan satu kawasan halal,” lanjutnya sambil berbincang dengan General Manager The Plaza Semanggi, Sylve Djohan yang turut mendampingi.

Kakanwil berharap, kerjasama Plaza Semanggi dengan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) ini dapat menjadi contoh pusat perbelanjaan di Jakarta yang menyediakan kawasan halal.

Kepala LPPOM MUI Osmena Gunawan berharap UKM Halal di DKI Jakarta diberi peluang mengembangkan usahanya di pusat-pusat perbelanjaan.

Menurutnya, selain memberi peluang pertumbuhan ekonomi UKM, hal itu juga akan mewujudkan Jakarta menjadi destinasi wisata halal dengan segera.

Sementara itu, Ketua MUI DKI Jakarta, KH Syarifudin Abdul Ghani menambahkan, produk halal saat ini telah menjadi tren bisnis dunia.

“Penyediaan kawasan halal, bukan saja menjadi sarana untuk memenuhi syariat Islam. Tapi juga menguntungkan dari segi bisnis,” ujarnya.

Kawasan Halal Fair 2017 dibuka Asisten Kesra Sekda Provinsi DKI Jakarta Fatahillah, yang hadir mewakili Plt. Gubernur DKI Jakarta. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 9-18 Juni 2017, di Lantai 3 Plaza Semanggi Jakarta.

Kegiatan Halal Fair ini merupakan program dari Tim Kawasan Halal MUI DKI Jakarta yang terbentuk tahun 2016 lalu. (T/RS2/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.