Kapolda Jateng: One Way Timbulkan Kerawanan Lalu Lintas

Brebes, MINA – Penerapan lalu lintas sistem satu arah atau di tol Trans Jawa saat arus mendatang dinilai dapat menimbulkan kerawanan lalu lintas di sejumlah titik.

Hal itu diungkapkan Jawa Tengah (), Irjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel, Ahad (12/5) sore saat melakukan pemantauan kesiapan penerapan one way di Kabupaten Brebes.

“Saat ini kita lakukan pantauan untuk kesiapan penerapan one way,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, di beberapa titik dapat terjadi kerawanan dengan penerapan one way di jalur pantura maupun jalur tengah hingga selatan, sehingga perlu dicari solusi terbaik agar pelaksanaan one way berjalan lancar.

“Hari ini saya bersama Dirlantas sedang melihat rancangan one way dari Jakarta sampai Brebes barat dan timur. Kami sedang pelajari kondisi exit tol apakah memadai untuk mempertemukan dua arus dari barat dan timur,” ujar Kapolda

Pada Ahad sore itu Kapolda memantau kondisi exit tol Brebes barat, Brebes timur dan Pejagan. Penerapan rekayasa lalu lintas di tol Trans-Jawa akan memunculkan trouble spot baru bila dikeluarkan melalui exit tol Brebes barat, Brebes timur dan Pejagan.

“Kami lihat dari Brebes timur, barat maupun Pejagan memiliki trouble spot yang cukup banyak. Bila kendaraan dikeluarkan di exit tol Brebes (Brexit) dari arah timur kendaraan diarahkan melalui pantura maka antara Brexit, Brebes barat dan Pejagan akan ada dua pasar tumpah, yaitu di Bulakamba dan Pasar Induk,” katanya.

Masih menurut Kapolda, jika kendaraan dikeluarkan di Pejagan maka kendaraan dari timur dan barat semuanya akan fokus ke arah selatan. Di jalur ini ada enam titik kemacetan mulai dari Pejagan sampai Paguyangan.

“Dari pemantauan ini akan diketahui kondisi riil di lapangan dan akan dilaporkan ke Kakorlantas sebagai bahan evaluasi,” katanya.

Kapolda Jateng melakukan pemantauan jalur mudik mulai dari Pekalongan, dilanjutkan ke Tegal dan Brebes. Selanjutnya ke arah selatan dan melakukan buka puasa di Prupuk Tegal sekaligus shalat Maghrib.

Kapolda bersama rombongan kemudian menuju ke Desa Linggapura Kecamatan Tonjong Brebes untuk melaksanakan shalat Isya dan dilanjutkan shalat tarawih di masjid Baitu Makmur, baru melanjutkan ke Purwokerto Banyumas. (L/B05/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.