Kazakhstan Kirim Penjaga Perdamaian PBB ke Dataran Tinggi Golan Suriah

Astana, MINA – Pemerintahan Kazakhstan mengumumkan akan memulai misi penjaga perdamaian independen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang pertama di Timur Tengah pada Maret.

Kedua kamar di parlemen hari ini memberikan suara untuk usulan Presiden Kassym-Jomart Tokayev untuk mengirim 139 orang pasukan penjaga perdamaian Kazakh ke yang diduduki di , demikian Middle East Monitor MEM, Jumat (19/11).

Mengomentari keputusan parlemen, Menteri Pertahanan Ruslan Zhaksylykov mengatakan, pasukan penjaga perdamaian akan bertugas sebagai kompi cadangan Pasukan Pengamat PBB di Dataran Tinggi Golan.

“Partisipasi dalam misi penjaga perdamaian akan memungkinkan angkatan bersenjata Kazakhstan memperoleh keterampilan tempur yang diperlukan yang menjadi ciri khas operasi penjaga perdamaian,” katanya.

Baca Juga:  Kamar Dagang Dubai Datangkan Investor ke Jakarta, Targetkan Nilai Perdagangan Nonmigas Rp159 T

Dia juga menambahkan, bahwa ini adalah pertama kalinya PBB memberikan Astana misi independen.

Pada Januari, Tokayev mengusulkan untuk mengirim hingga 430 pasukan penjaga perdamaian Kazakh ke Timur Tengah dan Afrika.

Pasukan penjaga juga diharapkan mengambil bagian dalam Organisasi Pengawasan Gencatan Senjata PBB, Misi di Sudan Selatan dan Pasukan Keamanan Sementara untuk Abyei. (T/R4/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.