KBRI Kairo Gelar Pelatihan Khusus Kopi Bagi Pelajar

Seminar dan Pelatihan Kopi di KBRI Kairo (dok: KBRI Kairo)

Kairo, MINA – Kedutaan Besar RI (KBRI) Kairo menggelar seminar dan pelatihan kopi bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir.

Seminar dan pelatihan dengan tema “Peran Barista Terhadap Kopi Nasional” tersebut, bertujuan mendorong pengembangan industri kopi nasional melalui upaya peningkatan konsumsi kopi di luar negeri khususnya di Mesir.

“Saya sangat berharap para pelajar dan mahasiswa Indonesia bisa menjadi bagian dari ujung tombak memperkenalkan Kopi Indonesia, memperkenalkan keberagaman Indonesia,” kata Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy dalam sambutannya, seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Kairo, Senin (13/5).

Dubes Helmy berharap dari pelatihan tersebut muncul Barista dan Duta Kopi Indonesia yang nantinya dapat membuka kedai kopi Indonesia di Mesir yang representatif.

“Kopi saat ini tidak sekedar komoditi yang kita nikmati, tapi kopi sudah menjadi life style, gaya hidup, image dan branding produk Indonesia,” katanya.

Menurutnya, Indonesia memiliki berbagai jenis kopi specialty yang dikenal di dunia seperti Kopi Gayo dari Aceh, di Papua ada Kopi Wamena, di tengah Indonesia ada Kopi Toraja dan di Selatan ada Kopi dari Flores dengan cita rasa, keasaman dan aroma khas sesuai indikasi geografis yang menjadi keunggulan Indonesia.

“Hal ini menjadi tantangan ke depan untuk dapat memperkenalkan Indonesia bukan hanya kopi, akan tetapi seluruh produk unggulan Indonesia secara keseluruhan,” ujar Dubes Helmy.

Indonesia memiliki peluang dan prospek yang baik karena sebagai negara penghasil kopi terbesar dan eksportir peringkat pertama ekspor ke Mesir dengan 61 persen pada Januari-Februari 2019 dan disusul Vietnam, India, Brazil dan Italia.

Seminar dan pelatihan yang diselenggarakan selama sehari itu dibuka untuk lapisan pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir dengan mekanisme penyaringan.

Irman Adi Purwanto Moefthi, selaku Atase Perdagangan KBRI Cairo memaparkan, dalam rangkaian acara seminar edukatif ini dilaksanakan dengan model presentasi sejarah kopi, kopi dan industrinya.

Selain itu, ada presentasi tentang Barista dan tugasnya, pengenalan cara uji cita rasa kopi dan teknik menyangrai kopi, teknik-teknik menyeduh kopi, dan cara pengembangan usaha cafe, serta nonton bersama Battle of Barista, dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

“Kegiatan ini sebagai upaya diplomasi produk Indonesia khususnya kopi Nusantara di Bumi Mesir melalui keberadaan para pelajar Indonesia yang terbanyak di Mesir, “ kata Irman. (R/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)