Kemenag Dorong Percepatan Peguruan Tinggi Keagamaan Negeri Jadi Lebih Baik

Diskusi Terbuka dengan tema “Tantangan dan Program Strategis Kementerian Agama di Tahun Politik.” (Foto: Aliya/MINA)

 

Jakarta, MINA – Kementerian Agama serius mendorong percepatan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) menjadi lebih baik.

“Semua PTKN, khususnya yang berbentuk sekolah, tidak hanya STAIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional), namun juga STAKN (Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri), STAHN (Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri) dan lainnya, sangat didorong untuk melakukan akselerasi menjadi lebih baik,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Grand Sahid, Jakarta, Senin (29/01).

Menurut Menag saat menjadi Pembicara pada Diskusi Terbuka dengan tema Tantangan dan Program Strategis Kemenag di Tahun Politik, PTKN saat ini sudah mengarah pada perbaikan.

“Alhamdulillah semua mengarah ke perbaikan, meski  di tengah jalan banyak kendala dan problem muncul, baik tentang SDM, sarana prasarana dan lainnya,” ujarnya.

DIskusi tersebut digelar dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2018 di Jakarta yang dihadiri oleh para pejabat Eselon I dan II Kemenag Pusat, serta Kakanwil Kemenag dan pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negei (PTKN) se Indonesia.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher menegaskan bahwa pendidikan sangat menentukan perubahan. Menurutnya, pendidikan adalah jalan paling cepat, mudah dan terukur untuk mengubah peradaban dunia.

“Hal itu harus disertai rasa suka ketika melihat masyarakatnya, bisa lebih cerdas dan beradab. Kami sedang berjuang semaksimal mungkin memajukan pendidikan Indonesia, khususnya bidang keagamaan,” lanjutnya.

Adapun Rakernas Kemenag akan berlangsung dari 29 – 31 Januari 2018, mengangkat tema “Melayani dengan Ikhlas, Wujudkan Integritas”. (L/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)