Kemenag Ingin Pesantren Indonesia Jadi Destinasi Studi Dunia

Dirjen Kamaruddin Amindi

Bekasi, 18 Rajab 1438/16 April 2017 (MINA) – Kementerian Agama () bercita-cita ingin menjadikan setiap Pondok Pesantren yang ada di Indonesia sebagai destinasi wisata lokal maupun dunia. Untuk mewujudkan itu, Kemenag akan membentuk lembaga penjaminan mutu pesantren.

“Kementerian Agama bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai destinasi atau tujuan studi Islam masyarakat dunia dengan mengedepankan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan unggulan yang layak dijadikan acuan pendidikan nasional dan internasional,”  ujar Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Bekasi, Jum’at (14/4) lalu.

Ia menambahkan, sedangkan rencana pembentukan lembaga penjaminan mutu pesantren itu antara lain berguna memperkuat dan memperluas kontribusi pesantren dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan pembangunan bangsa sesuai dengan dinamika tantangan yang ada.

“Lembaga penjamin mutu, salah satunya akan merumuskan standardisasi proses belajar mengajar di pondok pesantren, berikut kurikulum dan bahan ajar, serta kitab-kitab yang akan digunakan. Dengan begitu ada standar minimal di pondok pesantren,” katanya.

Kamaruddin mengatakan, nantinya lembaga Penjaminan Mutu Pesantren akan masuk Rancangan Peraturan Menteri Agama (RPMA) yang dirumuskan tidak dalam kerangka intervensi negara, tapi lebih kepada fasilitasi dan penguatan tata kelola agar peran lembaga pendidikan Islam tertua di nusantara ini bisa terjaga dan bahkan diperluas kontribusinya dalam pembangunan bangsa.

“Lembaga Penjaminan Mutu dibentuk bukan dalam rangka penyeragaman, tapi lebih pada pengaturan agar ada standard minimal yang dimiliki oleh setiap pesantren,” katanya. (L/R08/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.