KEMENAG. TURKI: PEMBAGIAN MASJID AL-AQSHA TIDAK DAPAT DITERIMA

Kepala Direktorat Departemen Agama Turki, Mehmet Görmez. (Foto: Worldbulletin)
Kepala Direktorat Departemen Agama Turki, Mehmet Görmez. (Foto: Worldbulletin)

Ankara, 24 Dzulhijjah 1436/8 Oktober 2015 (MINA) – Kepala Direktorat pada Kementerian Agama Turki, Mehmet Görmez mengatakan, pemecahbelahan dan pembagian Masjid Al-Aqsha, masing-masing untuk Muslim dan Yahudi,  tidak dapat diterima.

“Kami, sebagai Muslim, tidak menerima pembagian sementara ruang Al-Aqsha,” kata Gormez dalam sebuah pernyataannya, Selasa (6/10), demikian Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pernyataan Gormez muncul usai Otoritas penjajah Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsha pada 13 September lalu menggunakan peluru karet, gas air mata dan granat kejut untuk membubarkan jamaah Muslim di dekat masjid selama tiga hari yang memicu kecaman dari dunia internasional.

Baca Juga:  Israel Tembaki Warga Sipil Gaza yang Sedang Cari Sinyal Internet

Tokoh utama Palestina dan faksi perlawanan memperingatkan, Otoritas penjajah Israel sedang berupaya membagi ruang kompleks Masjid Al-Aqsha (antara Muslim dan Yahudi).

Bagi umat Islam, Al-Aqsha merupakan tempat suci ketiga setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Bagi umat Yahudi, Al-Aqsha diklaim sebagai Temple Mount, situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Kelompok Yahudi ekstremis telah menyerukan pembongkaran Masjid Al-Aqsha, hingga sebuah kuil Yahudi yang kemungkinan akan dibangun di atasnya.

Terkait ikhwal itu, Gormez mengatakan bahwa tidak mungkin untuk memisahkan apa yang terjadi di Palestina dengan yang terjadi hari ini di Damaskus, Kairo, Baghdad dan bahkan di daerah tenggara Turki.

Baca Juga:  Al-Qassam Tewaskan 12 Tentara Israel

“Kami menganggap dan memandang mereka sebagai satu kesatuan. Pertanyaan ini harus diajukan kepada semua umat manusia. Apakah tidak cukup darah yang telah kalian tumpahkan dalam sejarah Islam selama satu abad, sehingga pemilik dan warga negara di sini merasa nyaman?” pungkasnya. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Comments: 0