Kendalikan Harga Beras, BULOG Aceh Gelar Oprasi Pasar

Banda , MINA – Dalam rangka pelaksanaan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau Oprasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP), Perum BULOG Divisi Regional Aceh mulai menggelontorkan stok beras medium ke berbagai pasar di Aceh.

Pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan perintah Direksi Perum BULOG melalui Faksimili nomor F-6761/DO303/27122018 tanggal 27 Desember 2018 atas hasil Rakortas Tingkat Menteri tanggal 27 Desember 2018 yang dipimpin oleh Presiden RI terkait pelaksanaan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) melalui OP CBP, Rabu (3/1).

Kegiatan tersebut secara simbolis dilaksanakan dengan pelepasan beras OP Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di kantor Perum BULOG Divre Aceh, oleh Kadis Perindag Aceh, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh, dan sejumlah pejabat terkait pdari Pemprov Aceh.

Kepala Divisi Regional Perum , Basirun mengatakan pelaksanaan OP-CBP bertujuan agar masyarakat berkesempatan mendapatkan harga beras yang terjangkau dan terjaga daya belinya, serta dapat menyeimbangkan pasokan beras di pasar untuk menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok.

Pelaksanaan OP CBP tahun 2019 ini akan terus dioptimalkan khususnya pada bulan Januari dan hingga pertengahan Februari, karena masih masa paceklik, dan akan mengalami penurunan bahkan berhenti pada saat panen raya, ujar Basirun.

Pelaksanaan OP-CBP selama tahun 2018 telah dilakukan di 115 titik OP/saluran yang meliputi pasar-pasar, Rumah Pangan Kita, mitra distributor, sinergi BUMN Pangan dan Satgas OP CBP Perum BULOG, dengan realisasi mencapai 12.896 ton.

Selama tahun 2018 kondisi perberasan di seluruh Aceh, menurut catatan kami harga sangat stabil baik untuk beras premium maupun beras medium juga pasokan di pasar sangat mencukupi.

“Untuk pelaksanaan OP CBP tahun 2019 yang akan dimulai pada hari ini, selain kami akan optimalkan dengan titik OP/saluran sudah ada, juga masih memungkinkan dangan perluasan titik OP lainnya, khususnya di pasar-pasar yang membutuhkan penambahan pasokan beras medium,” kata Basirun. (L/AP/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.