Ketua DPD RI Resmikan Sekolah Islam Indonesia Internasional di Tokyo

Tokyo, 21 Syawwal 1437/26 Juli 2016 (MINA) – Ketua Irman Gusman telah meresmikan sebuah bertaraf internasional yang dimiliki orang Indonesia di Tokyo, , yang menggunakan kurikulum Islam, kurikulum Jepang dan kurikulum Cambridge.

YUAI International Islamic School (YUAI-IIS) ini bertujuan agar anak-anak Muslim di Jepang tidak menjadi “the lost generation”, yang tumbuh dan besarnya makin jauh dari nilai-nilai Islam.

“Kualitas pendidikan Jepang memang tak perlu diragukan lagi. Pendidikan karakter di sekolah mereka juga well-established. Tetapi, anak-anak Muslim kita membutuhkan lebih dari itu. Mereka membutuhkan pendidikan yang memperkuat akidah dan menumbuhkan spirit yang dimiliki oleh Rasulullah, yakni spirit untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain,” ujar Irman dalam sambutannya pada peresmian YUAI International Islamic School (YUAI-IIS) di Tokyo, Sabtu (23/7). Demikian keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kehadiran YUAI International Islamic School diharapkan menjadi sekolah model di negara minoritas Muslim seperti Jepang.

Irman diundang secara mendadak setibanya di Bandar Udara Internasional Tokyo (nama populernya Haneda). Menyadari pentingnya sekolah ini ia langsung  menyambut ajakan mendadak Wakil Presiden Garuda Indonesia untuk Wilayah Jepang, Korea, dan Amerika Serikat, Fikdanel Thaufik, untuk menuju YUAI International Islamic School.

Irman memberikan bantuan spontan sebesar US$ 2.600.

YUAI International Islamic School adalah satu-satunya sekolah internasional di Jepang yang mengintegrasikan Cambridge Curriculum, Islamic Curriculum, dan kurikulum Jepang.

Sekolah ini hasil kolaborasi antara Islamic Center of Japan dan FGA Education Foundation yang diinisiasi orang Indonesia yang lama bergerak di bidang pendidikan Islam di Tokyo dan sekitarnya.

Peresmian sekolah tersebut dihadiri lebih dari 50 orang, seperti perwakilan organisasi dan komunitas Muslim berbagai negara di Jepang, direktur perusahaan nasional Indonesia di Jepang, juga profesor dan akademisi universitas Jepang seperti Keio University.
Para orang tua Muslim Jepang bersama keluarganya yang menyekolahkan putra-putrinya di YUAI-IIS ini terlihat antusias menghadiri acara ini.

Tak hanya presentasi mengenai sekolah atau profil organisasi, acara juga dimeriahkan dengan video keseharian anak Muslim di Jepang drama anak-anak Muslim berusia 4-13 tahun yang tumbuh dan besar di Jepang.

Drama yang ditampilkan mengisahkan keseharian Miyasaka Azusa, seorang remaja putri Jepang yang berlari pulang ke rumah setiap jam makan siang agar dapat menunaikan shalat dzuhur.

Dalam sambutannya, Ketua FGA Education Foundation, Yetti Dalimi, menekankan urgensi sekolah Islam bertaraf internasional di Jepang.

Menurutnya, Muslim di Jepang mengalami suatu masalah serius yang diistilahkannya “the lost generation”, yakni generasi muda yang sejak kelahirannya tumbuh dan besar di keluarga muslim tapi makin jauh dari nilai-nilai Islam ketika mereka beranjak dewasa.

Membentuk generasi Islam yang tangguh dengan pemberian pendidikan Islam sejak usia belia diikuti penjagaan akidah anak-anak muslim yang memasuki usia remaja. Saat ini anak-anak itu mulai bisa berpikir kritis dan mengalami proses pencarian identitas.

Karena alasan itu, sambung Yetti, di tahun pertamanya YUAI-IIS membuka kindergarten 1 & 2 (setingkat TK) dan secondary 1 (setingkat SMP).

Sejalan dengan pemikiran Yetti, Musa Omer, mantan Duta Besar Sudan untuk Jepang yang juga Ketua Islamic Center of Japan menyimpulkan bahwa sekolah Islam adalah solusi mengatasi berbagai masalah yang dihadapi para orang tua Muslim di Jepang dalam mendidik anaknya agar tumbuh dan besar sebagai Muslim yang baik. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.