Ketua MPR: MUI Bisa Jadi Tenda Besar Umat Islam di Indonesia

Ketua MPR Zulkifli Hasan (Foto: Kurniawan/MINA)

Jakarta, 13 Rabiu’ul Awwal 1438/13 Desember 2016 (MINA) – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengharapkan agar benar-benar menjadi tenda besar umat Islam di Indonesia.

Dia juga meminta agar dai-dai yang ada dapat mengesampingkan perbedaan yang mungkin ada di antara sesama umat Islam dan mampu mengedepankan persamaan terlebih dulu. “Perbedaan kesampingkan, kita cari persamaan,” kata Zulkifli dalam acara Multaqa Dai Nasonal Komisi Dakwah MUI, Hotel Santika, TMII, Jakarta, Rabu (13/12)

“MUI mungkin dapat membiasakan dai-dai agar dibekali perkembangan politik terakhir, sehingga memahami tantangan berbangsa dan bernegara,” tambah Zulkifli.

Baca Juga:  Dukung Wisata Ramah Muslim, LPPOM Fasilitasi Sertifikasi Halal 744 UMK

Menurutnya, hal itu merupakan modal penting yang akan membuat dai-dai yang ada di Indonesia memiliki perspektif lebih luas, tentu dengan tujuan mampu menjawab tantangan globalisasi.

Sementara  Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin, membuka secara resmi Mustaqa Dai Nasional yan diikuti perwakilan ormas-ormas Islam seluruh Indonesia. Kiai Ma’ruf Amin menegaskan dakwah merupakan aspek penting sehingga harus bisa dirumuskan agar program keumatan dapat berjalan dan MUI benar-benar menjadi tenda besar umat.

“Lembaga dakwah itu kotak suaranya MUI, harus ditekankan peran dai-dai untuk menjaga umat, memberdayakan umat dan menyatukan umat,” kata Ma’ruf.

Komisi Dakwah dan Pengembangan MUI tengah menggelar Mustaqa Dai Nasional diharapkan dapat membahas prinsip-prinsip dakwah, yang akan digunakan dan menjadi pegangan dai-dai di Indonesia.

Baca Juga:  Katering Jamaah Haji Gunakan Lebih 70 Ton Bumbu Indonesia

sendiri dihadiri sekitar  200 pengurus MUI seluruh Indonesia terutama dari Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Multaqa Dai Nasional mengundang setidaknya satu perwakilan dari 63 ormas-ormas Islam dan juga ketua MPR RI Zulkifli Hasan. (L/P002/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.