KKP Tanam 6.000 Bibit Cemara Laut Antisipasi Tsunami di Tasikmalaya

Jakarta, MINA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) menanam 6.000 bibit pohon cemara laut di empat lahan pesisir Kabupaten Tasikmalaya. guna mengantisipasi bencana tsunami.

“Program ini bertujuan membantu masyarakat pesisir apabila terjadi bencana tsunami,” kata Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Pamuji Lestari dalam keterangan tertulis, Ahad (29/8).

Penanaman ini dilakukan pada area total seluas 9,6 hektare yang terbagi di empat lokasi pesisir Kabupaten Tasikmalaya, yaitu Desa Ciheras, Desa Mandala Jaya, Desa Cidadap dan Desa Cimanuk.

Tari menjelaskan, cemara laut dipilih karena tumbuhan tersebut mendominasi di lokasi target penanaman yang diharapkan dapat memperkuat ketangguhan di wilayah pesisir.

“Vegetasi pantai yang ditanam oleh KKP berfungsi sebagai buffer untuk mengurangi energi dan dampak tsunami terhadap infrastruktur pantai,” jela Tari.

“Selain itu, vegetasi pantai juga bermanfaat dalam membangkitkan ekonomi masyarakat melalui mata pencaharian alternatif yang muncul dari adanya kawasan hutan pantai,” tambahnya.

KKP juga menekankan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan kesejahteraan masyarakat pesisir, salah satunya melalui berbagai upaya-upaya pengurangan risiko bencana. (R/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)