Komisi X: Efesiensi Dana Jangan Kurangi Kualitas Asian Games 2018

Wakil Ketua DPR RI, Abdul Fikri Faqih. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan, efisiensi anggaran Panitia Penyelenggara (INASGOC) jangan sampai mengurangi kualitas penyelenggaraan ajang besar tersebut.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah meninjau penambahan anggaran INASGOC sebesar Rp 1,1 triliun. Keputusan peninjauan anggaran tersebut muncul setelah dilakukan rapat Asian Games di Kantor Kepresidenan pada Selasa (6/3) lalu dan Menpora menyatakan hasil peninjauan tersebut akan diumumkan pekan depan.

“Pagu definitif Kemenpora dalam APBN 2018 adalah Rp 5,037 triliun yang termasuk di dalamnya terdapat anggaran INASGOC sebesar Rp 1,790 triliun. Memang dalam kunjungan lapangan Komisi X ke Kantor INASGOC mereka menyatakan kebutuhan untuk tahun ini Rp 2,7 triliun, sehingga kurang Rp 1,1 triliun,” kata Fikri sebagaimana dikutip MINA, Jumat (9/3).

Menurutnya, efisiensi yang dilakukan pemerintah akan baik sepanjang tidak mengurangi kualitas penyelenggaraan Asian Games sebagaimana standar penyelenggaraan yang ditetapkan oleh Olympic Council of Asia (OCA).

“Kami mendukung pemerintah, Kemenpora, dan INASGOC dalam mewujudkan empat suskses Asian Games 2018: Sukses Penyelenggaraan, Sukses Administrasi, Sukses Prestasi, dan Sukses Pemberdayaan Ekonomi,” ujar anggota Fraksi PKS tersebut.

Fikri juga berharap efisiensi ini bukan dalam rangka melakukan penghematan karena pemerintah sedang kesulitan pendanaan. Ia pun mengingatkan, jika akan ada tambahan anggaran Rp 1,1 triliun yang bersumber dari APBN, harus ada pembahasan dan persetujuan Komisi X DPR RI. (R/R09/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.