KOMUNITAS PEMUDA MUSLIM ITALIA ADAKAN SEMINAR KESETARAAN GENDER

2204411866_DSC_0066
Muslimah Italia (Alessandrianews)

Alessandria, Italia, 14 Rajab 1436/3 Mei, 2015 (MINA) – Komunitas pemuda Muslim Giovani Musulmani d’Italia (GMI) Alessandria, Italia menyelenggarakan seminar di Asosiasi Kebudayaan dan Pembangunan, Piazza Fabrizio De André, 76 Alessandria, Sabtu (2/5).

Seminar yang bertema La donna in Italia: verso la parita di genere atau Muslimah Italia: Menuju Kesetaraan Gender, yaitu membahas tentang peran perempuan dalam Islam.

“Pada periode ini Islam sedang dalam cahaya yang buruk, wanita muslim dicap sebagai yang tertindas, bertentangan dengan prinsip Islam. Wanita bagaikan Mutiara, mulia kedudukannya,” kata Iman Aabya Wakil Ketua GMI Alessandria sebagaimana dikutip Alessandrianews dan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Banyak orang barat beranggapan bahwa dalam Islam wanita itu lebih rendah derajatnya dibanding laki-laki, didalam Al-Quran pun tidak ada keterangan seperti itu. “Islam menempatkan wanita sama derajatnya seperti laki-laki, ada beberapa ayat yang menjelaskannya, bahkan Al-Quran pun mendedikasian satu suratnya khusus untuk wanita,” tambahnya.

Giovani Musulmani d’Italia (GMI) adalah organisasi/komunitas pemuda yang berdiri pada tahun 2001, dan terdapat di berbagai kota di Italia.

Setiap pekannya GMI mengadakan kajian, dakwah, dan bersilaturahmi, mereka pun sering mengadakan acara debat tentang Islam dengan masyarakat Italia, biasanya mereka mengadakan acara debat yang narasumbernya berasal dari orang dalam dan Profesor atau ahli khusus dibidangnya yang diundang.

GMI pun bekerja secara proaktif dengan berbagai organisasi lainnya di Italia. mereka juga sering terlibat dalam kampanye untuk meningkatkan kesadaran dialog antaragama dan antarbudaya, baik di tingkat nasional dan Eropa.(T/roy/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0