Korban Tewas Bentrokan di Afrika Tengah Naik Jadi 100 Jiwa Sehari

Warga Republik Afrika Tengah () menggotong korban terluka selama bentrokan. (Foto: dok. The Washington Post)

Bria, 27 Ramadhan 1438/22 Juni 2017 () – Jumlah korban dari bentrokan kelompok bersenjata di Bria, Republik Afrika Tengah (CAR) yang awalnya sekitar 50 orang, naik menjadi 100 jiwa dalam sehari.

Mayat tergeletak di jalan-jalan Bria, sekitar 580km timur laut dari Bangui, ibu kota negara itu. Puluhan orang lainnya dirawat karena luka tembak setelah bertempur Selasa (20/6) pagi.

“Jumlah korban tewas pasti akan meningkat, karena saat ini baru perkiraan 100 orang tewas,” kata Walikota Bria, Maurice Belikoussou kepada kantor berita di Inggris pada Rabu (21/6) melalui telepon. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

“Masih ada yang tergeletak di lingkungan sekitar, di jalan dan di semak-semak,” katanya.

Saksi mata mengatakan bahwa rumah-rumah dijarah dan dibakar dalam bentrokan tersebut.

CAR yang merupakan salah satu negara termiskin di dunia, telah diganggu oleh konflik sejak tahun 2013 antara pemberontak Seleka yang anggotanya banyak dengan milisi Kristen Anti-Balaka, yang dimulai setelah penggulingan Presiden Francois Bozize.

Bentrokan pecah sehari setelah pemerintah CAR menandatangani kesepakatan damai dengan 13 dari 14 kelompok pemberontak dalam pertemuan di Roma, ibu kota Italia. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.