Kota-Kota Arab Gelar Aksi Solidaritas Besar-Besaran untuk Gaza

Beberapa ibu kota Arab pada Jumat (2/2) menggelar demonstrasi dalam rangka solidaritas terhadap Jalur Gaza dan penolakan agresi Israel di Jalur Gaza. (Photo: PIC)

Gaza, MINA – Beberapa ibu kota Arab pada Jumat (2/2) menggelar demonstrasi dalam rangka solidaritas terhadap Jalur Gaza dan penolakan agresi Israel di Jalur Gaza. Palestine Information Center (PIC) melaporkan.

Di Yaman, puluhan ribu warga berdemonstrasi di ibu kota, Sanaa, dan sejumlah provinsi yang berada di bawah kendali Houthi, menegaskan dukungan  terhadap Gaza hingga berakhirnya agresi Israel terhadap Jalur Gaza sejak 7 Oktober lalu.

Puluhan ribu orang berpartisipasi dalam demonstrasi besar-besaran di Sanaa, mengibarkan bendera dan spanduk yang mengecam berlanjutnya agresi Israel terhadap Jalur Gaza dengan slogan “Bersama Gaza, kami berkomitmen hingga kemenangan.”

Massa juga meneriakkan slogan-slogan, seperti, “Oh Gaza, oh Palestina, seluruh warga Yaman bersamamu, Oh Gaza, kami bersamamu, kamu tidak sendirian, dan Jihad, jihad, semua rakyat siap.”

Baca Juga:  Mahasiswa Generasi Baru di AS Beri Harapan kepada Palestina

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kelompok Houthi, organisasi yang mengorganisir demonstrasi tersebut, menekankan aktivitas berkelanjutan rakyat Yaman dan persiapan tempur untuk berperang dalam mendukung Al-Aqsa dan Palestina.

Di Irak, Ibu kotanya, Bagdad, menyaksikan demonstrasi mendukung rakyat Palestina di Jalur Gaza, dan mengecam agresi Israel terhadap Jalur Gaza, di mana para peserta demonstrasi menuntut perlunya menghentikan agresi Israel dan pemboman terus-menerus di Gaza.

Para pengunjuk rasa juga menyerukan penghentian pengepungan yang diberlakukan di Jalur Gaza serta segera memberikan dukungan dan bantuan kemanusiaan, serta melindungi warga sipil. Para pengunjuk rasa meneriakkan dukungan terhadap perlawanan Palestina dan ketabahan Palestina.

Di Yordania, juga menyaksikan aksi solidaritas besar-besaran untuk mendukung Gaza, para demonstran melakukan pawai dengan menegaskan penolakan mereka untuk mengakhiri pekerjaan UNRWA.

Baca Juga:  Jenazah 58 Syuhada Palestina Masih dalam Tahanan Israel

Para pengunjuk rasa juga salut atas ketabahan warga Jalur Gaza dan perlawanan Palestina. Mereka juga menyerukan dan Islam untuk mendukung hak pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah airnya.

Ribuan warga Maroko juga berdemonstrasi di beberapa kota untuk menuntut diakhirinya kebijakan keji Israel terhadap penduduk Gaza dan menuntut diakhirinya agresi terhadapnya.

Demonstrasi yang diserukan oleh Otoritas Maroko untuk mendukung permasalahan bangsa, dilakukan dengan slogan, “Hentikan kelaparan di Gaza…Hentikan agresi.”

Untuk minggu ke-17, kota-kota Maroko seperti Tetouan, Fez, Ibn Jarir, Zayou, Berrechid, dan Kelaa M’Gouna (utara) menyaksikan demonstrasi rakyatnya sebagai bentuk solidaritas terhadap Jalur Gaza.

Peserta demonstrasi mengibarkan bendera dan spanduk Palestina untuk mendukung perjuangan Palestina dan mendukung para pejuang perlawanan. (T/R12/P1)

Baca Juga:  Arab Saudi Umumkan Aturan Baru Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.