Kunjungi Negara Teluk, Presiden Meksiko Lirik Investasi Minyak

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto (Foto: Saudi Gazette)
Presiden Enrique Pena Nieto (Foto: Saudi Gazette)

Mexico City, 6 Rabi’ul Akhir 1437/16 Januari 2016 (MINA) – Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto akan berada di kawasan Timur Tengah,mulai  Ahad (17/1), untuk kunjungan kenegaraan ke Kuwait, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, terutama sekali untuk menjalin kerjasama ekonomi, perdagangan dan menggaet investor minyak dan gas.

Lawatan pemimpin yang berasal dari Partai Institusional Revolusioner (IRP) ini akan berfokus pada isu-isu ekonomi dan energi, Yahoo melaporkan, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu (16/1).

Dilaporkan, Pena Nieto memang tengah mencoba untuk memberi napas kehidupan baru ke dalam sektor minyak utama yang mengalami keterpurukan sedangkan sebelumnya jadi andalan utama Meksiko.

“(Presiden) akan berusaha untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi dengan bagian dari dunia ini yang terus berkembang semakin penting,” kata Menteri Luar Negeri Claudia Ruiz Massieu.

Lebih dari 50 perjanjian akan ditandatangani selama kunjungan lima hari di Timur Tengah, termasuk ekonomi, perdagangan, dan kerjasama teknologi, kata pemerintah.

Para delegasi yang akan menyertai Pena Nieto mencakup menteri luar negeri, energi, dan ekonomi, serta kontingen besar eksekutif bisnis.

Menteri Energi Pedro Joaquin Coldwell mengungkapkan, Meksiko sangat tertarik pada kekuatan dana investasi negara-negara Teluk, yang dipandang bisa memberi peluang bagi Meksiko untuk menangkap investasi.

Meksiko sangat ingin untuk menarik investasi ke sektor minyaknya setelah Pena Nieto melakukan reformasi yang mengakhiri monopoli perusahaan negera Pemex selama 77 tahun terakhir.

Sementara dari Arab Saudi, SPA melaporkan Pena Nieto akan menggelar pertemuan dengan Raja Salman, membahas hubungan bilateral antara kedua negara dan cara-cara memajukannya di berbagai bidang serta isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama. (P022/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://saudigazette.com.sa/saudi-arabia/mexican-president-to-arrive-today/

 

 

 

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.