LEBIH DARI 1.000 SISWA IKUTI PENTAS PAI TINGKAT NASIONAL DI ASRAMA HAJI BEKASI

Foto: Cariyos.com
Foto: Cariyos.com

Jakarta, 25 Syawwal 1436/10 Agustus 2015 (MINA) –  Lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP, SMA, dan SMK utusan 33 provinsi di seluruh wilayah Indonesia akan mengikuti Kegiatan pentas () ke VII tahun 2015 yang akan digelar dari 10-14 Agustus 2015 di , , .

“Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah harus mampu menjawab harapan masyarakat agar siswa mampu meningkatkan keimanan, ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,” kata Direktur Pendidikan Islam, , demikian siaran pers resmi yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (10/8).

Kamarudin mengatakan, Hal itu setidaknya ditandai dengan meningkatnya pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia berharap, pentas tingkat nasional tersebut dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam.

“Pentas ini dikemas dalam beragam ajang kompetisi siswa di bidang keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, gugus, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional,” ujar Kamarudin.

Kegiatan yang bertema “Sportif Berkompetisi, Raih Prestasi, Bumikan PAI”, akan dibagi menjadi beberapa kompetisi, di antaranya; Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nasyid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP), dan Lomba Kreasi Busana (LKB).

Menurutnya, kegiatan yang dikemas dalam bentuk kompetisi, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam.

“Selain itu juga dapat mempererat ukhuwah Islamiyah, membina persaudaraan, dan kesatuan bangsa di kalangan siswa,” katanya menjelaskan.

Dia menambahkan, tidak kalah pentingnya, Pentas PAI diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kreativitas di bidang keterampilan dan seni PAI, serta menanamkan sikap keberanian, kemandirian dan sportifitas di kalangan siswa. (T/P010/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0