Legislator Inggris: Israel Harus Bertanggung Jawab atas Perlakuan Tercelanya terhadap Palestina

Foto: Wafa

London, MINA – Jeremy Corbyn, legislator Inggris dan mantan pemimpin oposisi negara itu menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas perlakuan tercelanya terhadap warga Palestina.

Pernyataan Corbyn berkaitan dengan laporan Amnesti Internasional tentang perlakuan pemerintah Israel terhadap orang-orang Palestina di Israel dan wilayah pendudukan, serta pengungsi yang terlantar akibat konflik dan kekerasan di Timur Tengah.

“Harus ada upaya mendesak dari para pemimpin dunia dan pemerintah untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah Israel atas perlakuan tercela mereka terhadap Palestina, untuk mengakhiri apartheid dan membawa perdamaian ke kawasan itu, dengan keadilan, martabat, dan jaminan hak asasi manusia yang sama bagi semua orang,” tegas politisi Inggris itu seperti dikutip dari Wafa, Ahad (6/2).

Corbyn menambahkan, negara demokrasi terkemuka, seperti Inggris, Amerika Serikat dan Uni Eropa terlalu sering berjalan di sisi lain ketika penderitaan rakyat Palestina diekspos di media internasional atau dikampanyekan oleh organisasi-organisasi.

Pada Selasa (1/2), Amnesty International (AI) dalam laporan terbarunya mengatakan, Israel melakukan kejahatan apartheid terhadap rakyat Palestina.

Laporan komprehensif mendokumentasikan bagaimana penyitaan besar-besaran tanah dan properti Palestina, pembunuhan di luar hukum, pemindahan paksa, pembatasan gerakan drastis, dan penolakan kewarganegaraan orang Palestina adalah semua komponen dari sistem diskriminatif yang merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan di bawah hukum internasional.

AI menggambarkan laporan itu, sistem dominasi dan penindasan Israel yang kejam terhadap warga Palestina, sebagai “tengara” dengan “penelitian serta analisis baru yang merinci pelanggaran oleh Israel terhadap rakyat Palestina. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.