LEMBAGA YORDANIA JUAL QURBAN DI BAWAH HARGA PASAR

Takaful-Yordania
Takaful-Yordania
Foto : Takaful

Amman, 7 Dzulhijjah 1435/1 Oktober 2014 (MINA) – Salah satu lembaga amal , Tkiyet Um Ali menjual hewan qurban untuk rakyat Yordania di bawah harga pasar.

Lembaga itu juga menyelenggarakan beberapa seminar kesadaran berzakat dan mengirim perwakilan ke beberapa daerah untuk melakukan kampanye “Kurban Hewan 2014″.

Melalui seminar tersebut,”Para donatur yang tertarik untuk qurban, dapat membeli hewan seharga 100 dinar (sekitar satu juta rupiah lebih), jauh lebih rendah dari harga pasar,” kata Direktur Badan Amal Pelayanan Sosial, Muhammad Abu Jamus.

“Hal ini dapat mendukung orang-orang untuk memberikan bantuan kepada keluarga miskin,”katanya.

Dia mengatakan, Badan amal ini telah melakukan kampanye selama beberapa tahun terakhir dan itu memudahkan masyarakat untuk melaksanakan sunnah dengan berqurban, sehingga dapat membagikan makan bagi keluarga miskin di kerajaan.

“Tahun lalu, badan amal tersebut menyembelih 20 ribu hewan, dan di sebarkan ke sekitar tujuh ribu keluarga di Yordania,”tambahnya.

Pemerintah Yordania saat ini tengah mempersiapkan perayakan dengan  mengimpor ratusan ribu ternak untuk memenuhi permintaan pasar sekaligus beramal kepada orang yang membutuhkan.

“Sekarang ada sekitar 400 ribu ternak untuk dikirim ke seluruh provinsi, 200 ribu ternak lokal, berupa domba, sapi, dan unta,” kata Ketua Komite Nasional untuk Pemotongan Hewan di Yordania, Nimr Haddadin.

Hahhadin mengatakan, selama Idul Adha, permintaan ternak mencapai 200 – 250 ribu ekor. Sebagaimana dilaporkan Al-Shorfa, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

Penjual ternak di Sahab, pinggran timur Amman, Abdullah Zaid mengatakan, harga domba tahun ini dijual antara 180-280 dinar Yordania (sekitar Rp. 3 – 5 juta) berdasarkan berat badan ternak tersebut.

Dia mengatakan, tahun ini, mengimpor ternak dari Australia dan negara-negara Arab dan Eropa lainnya akan membantu menstabilkan harga.

Untuk mendorong warga agar dapat memberikan daging kepada yang membutuhkan,beberapa lembaga non-profit dan amal di Yordania menjual ternak kurang dari harga pasar.(T/P008/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0